Sebagai pembuat konten, Anda mungkin pernah mengalami kesulitan dalam menentukan kualitas konten sehingga rencana yang Anda buat disukai oleh audiens. Langkah yang paling tepat untuk mengukur efektivitas adalah kuantitas konten, misalnya dengan menetapkan pos-pos pemeriksaan berupa angka-angka yang ingin dicapai. Dengan angka, Anda dapat memproses konten secara maksimal dan mengulangi prosesnya di kemudian hari. Kira-kira, langkah apa yang perlu dilakukan untuk membuat konten yang efektif? Lihat caranya di bawah.
Tentukan Skor
Langkah pertama dalam mengukur efektivitas konten adalah menetapkan skor. Skor pada tahap ini berfungsi sebagai dasar agar Anda dapat mencapai skor yang lebih tinggi lagi. Skor yang bisa kamu jadikan acuan adalah jumlah likes, reach, dan followers mingguan. Untuk skor konten, Anda bisa melihatnya melalui konten yang memiliki engagement tertinggi, atau berdampak besar pada followers.
Coba Buat Kampanye
Setelah menentukan konten mana yang mendapat skor tinggi, langkah selanjutnya adalah menjalankan kampanye menggunakan jenis konten tersebut. Misalnya, skor konten tertinggi yang Anda dapatkan adalah konten meme. Jadi, buatlah kampanye menggunakan meme agar lebih disukai oleh audiens. Konten yang disukai audiens tentu lebih berpeluang mendapatkan banyak like, komentar, share, dan klik. Konten akan lebih mudah menyebar ke area yang lebih luas.
Pantau Kinerja Konten
Setelah konten diunggah atau kampanye selesai dijalankan, mulailah mengukur kinerjanya. Misalnya, Anda telah menargetkan konten yang akan mendapatkan 100 suka, 50 komentar, 150 simpan, dan 40 pengikut. Cek insight kontennya, apakah benar-benar sudah melebihi target atau malah di bawah target. Jika Anda berhasil mencapainya, berarti penonton senang dengan konten tersebut, dan Anda bisa mempertahankannya.
Evaluasi dan Ulangi
Tahap ini tergantung pada keberhasilan konten yang Anda buat. Jika ternyata konten tidak melebihi target, lakukan evaluasi dan perbaikan untuk konten selanjutnya. Hal ini bisa terjadi jika Anda menetapkan target skor yang terlalu tinggi, sehingga hasilnya tidak realistis. Kemudian, jika hasilnya memuaskan, tetapkan skor target yang lebih tinggi dan coba ulangi prosesnya.
Baca juga : https://suakaraya.com/10-alasan-anda-harus-memulai-tiktok-ads-untuk-bisnis/
Itulah empat langkah untuk mengukur efektivitas konten agar konten Anda bisa melebihi target dan terus berkembang dari waktu ke waktu. Masih banyak langkah krusial lainnya yang perlu diikuti bagi Anda yang ingin menjadi Social Media Specialist yang handal.
Gratis Konsultasi
Hubungi kami
Comments
There are no comments yet.