4C dalam Marketing – Ada pula metode pemasaran lain yang bisa kamu gunakan yaitu 4C Marketing. Dampak strategi pemasaran ini tidak kalah besar apabila dibandingkan dengan strategi lain yang ada saat ini. Pengguna strategi ini juga berasal dari berbagai kalangan, bukan hanya perorangan saja, tapi juga perusahaan besar.
Apa itu 4C Marketing?
4C dalam marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang tujuannya untuk meningkatkan profit perusahaan dan mengacu pada 4 unsur utama yaitu Customers, Cost, Convenience dan Communication. Sebagian orang juga menyebutnya sebagai 4C marketing mix.
Masing-masing unsur mempunyai peran yang berbeda. Bahkan unsur ini mempunyai kaitan yang erat dengan unsur yang lain.
Unsur-unsur 4C Marketing dan Contoh Analisisnya
- Consumer (Keinginan dan Kebutuhan Konsumen)
Adalah consumer atau disebut juga konsumen. Hal ini bisa kita satukan menjadi apa yang konsumen inginkan. Seperti yang diketahui, saat ini pasar mempunyai persaingan yang sangat ketat. Penting bagi seorang entrepreneur untuk bisa mengatasinya. seorang entrepreneur
Contoh analisis 4C dari unsur konsumen bisa:
- Pelajari dahulu kebutuhan konsumen sebelum mengembangkan suatu produk.
- Lakukan strategi positioning.
- Buat survey dan biarkan konsumen mengungkapkan apa yang mereka inginkan.
- Cost (Biaya)
Selanjutnya adalah biaya. Sangat penting untuk memahami biaya yang dibutuhkan untuk produksi dan harga yang akan ditetapkan pada produk. Contoh analisis untuk unsur harga :
- Tentukan jumlah yang harus dibayar oleh pelanggan untuk membeli produkmu.
- Pertimbangkan juga biaya tambahan yang harus dikeluarkan oleh pelanggan.
- Meminimalisir risiko biaya yang dikeluarkan konsumen.
- Biaya peluang juga harus dipertimbangkan sejak awal karena hal tersebut akan berdampak sangat besar pada pelanggan.
- Convenience (Kenyamanan)
Kamu juga harus memastikan pelangganmu mendapatkan kenyamanan disaat membeli produk yang ada. Kenyamanan ini adalah faktor utama yang mendukung tingginya angka penjualan.
Cara analisisnya:
- Cari tahu semua saluran kegiatan produk, pastikan semua terfasilitasi dengan baik
- Lakukan riset dari pelanggan pada masing-masing saluran, lakukan perbaikan jika perlu.
- Communication (Komunikasi)
Promosi memang berdampak untuk penjualan, tapi komunikasi memegang peranan yang lebih baik dari sekedar promosi. Komunikasi yang baik akan menjaga hubungan baik dengan konsumen dan akan membuat konsumen terus setia.
Baca Juga : Strategi dan Keuntungan Content Marketing
Pastikan untuk menerapkan 4 poin tersebut agar kamu bisa meminimalisir potensi keuntungan yang diperoleh. Jangan sampai kamu melupakan 4C marketing ini karena bisa berdampak buruk pada bisnis.
Comments
There are no comments yet.