5 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan - maxx99 - Digital Agency
Digital Marketing

5 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Meningkatkan kepuasan pelanggan merupakan hal utama yang harus dilakukan setiap pemilik bisnis agar dapat bertahan di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Ada banyak hal untuk dikerjakan. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas pelayanan. Namun, apakah pelayanan yang baik cukup membuat pelanggan merasa puas dan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan?

5 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

1. Peningkatan Kualitas Produk dan Layanan

Salah satu cara untuk memberikan layanan pelanggan yang baik adalah dengan meningkatkan kualitas produk atau jasa yang Anda jual. Apalagi jika Anda memiliki banyak pelanggan tetap, jangan sampai kualitas pelayanan justru menurun.

Sebaiknya Anda mengevaluasi kualitas produk atau jasa yang dikelola, apakah masih banyak kekurangan? Bagaimana proses pengembalian produk yang rusak? Bagaimana kualitas kemasannya? Anda perlu mengevaluasi secara berkala semua hal yang berkaitan dengan kualitas produk dan hasil layanan yang Anda berikan kepada pelanggan.

Jika perlu melakukan perbaikan dengan memanfaatkan teknologi, maka pertimbangkan untuk menggunakan teknologi terkini yang dapat membuat proses produksi lebih efektif, menggunakan teknologi pengemasan produk yang lebih efisien, dan lain sebagainya. Semakin baik kualitas produk tetap terjaga, maka pelanggan akan semakin senang membeli produk Anda. Dengan cara ini, diharapkan kepuasan pelanggan akan terus meningkat.

2. Buat Penawaran Menarik

Indikator kepuasan pelanggan akan terlihat dari seberapa loyal pelanggan menggunakan bisnis Anda. Nah, jika pelanggan sudah jatuh cinta dengan produk Anda, maka untuk menjaga dan meningkatkan loyalitas pelanggan, Anda bisa memberikan berbagai penawaran menarik, seperti giveaway, voucher produk, atau hadiah kecil menarik lainnya.

Pemberian penawaran menarik bisa dilakukan melalui email marketing atau di media sosial. Melalui aktivitas di media sosial, Anda secara tidak langsung memiliki kesempatan untuk mendekati pelanggan. Hal ini juga akan berdampak pada calon pelanggan yang sebelumnya tidak mengenal bisnis Anda. Mereka akan mengenal produk atau jasa yang Anda tawarkan melalui konten di media sosial.

Selain itu, Anda juga bisa membuat program beli 1 gratis 1, untuk memikat pelanggan setia agar melakukan pembelian dalam jumlah banyak. Anda juga dapat menyelenggarakan program member get member, di mana pelanggan setia akan mendapatkan keuntungan ketika merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain di jaringan pertemanan mereka.

3. Layanan Nomor Satu

Untuk membuat pelanggan lebih puas, sudah pasti pelayanan yang baik menjadi indikator penentu. Beberapa cara untuk meningkatkan pelayanan bisa dengan membuat sistem keanggotaan. Adanya sistem keanggotaan ini akan memudahkan Anda dalam memberikan berbagai fasilitas, seperti layanan pesan antar, pemesanan prioritas dimana pelanggan setia akan diprioritaskan dalam pengiriman cepat, dan lain sebagainya.

Agar lebih menarik, Anda juga bisa memberikan produk gratis kepada pelanggan yang bisa mencapai nominal pembelian tertentu. Atau Anda juga bisa membuat sistem poin dimana untuk jumlah poin tertentu, pelanggan dapat menentukan sendiri hadiah apa yang Anda berikan.

4.  Mengutamakan Kejujuran

Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan berarti harus mengutamakan nilai kejujuran. Jika Anda menjual produk palsu atau berkualitas rendah, maka pelanggan pasti akan meninggalkan bisnis Anda tanpa ragu-ragu.

Mungkin di awal pembukaan bisnis baru, Anda memiliki banyak pelanggan yang penasaran dengan produk yang Anda jual. Namun karena adanya ketidakjujuran terhadap produk yang dijual, maka seiring berjalannya waktu dapat dipastikan penjualan produk akan menurun. Bahkan bisa tidak laku sama sekali jika pelanggan yang kecewa kemudian memposting keluhannya di media sosial, atau dia memberitahu banyak orang betapa buruknya produk Anda.

Menanamkan nilai kejujuran mungkin terdengar sepele ketika Anda ingin meningkatkan kepuasan pelanggan, namun cara ini akan membantu Anda tetap bertahan dalam bisnis yang Anda jalankan.

5. Respon Cepat dan Tepat terhadap Keluhan Pelanggan

Loyalitas dan kepuasan pelanggan sangat tergantung pada bagaimana Anda menanggapi ketika mereka mengeluh tentang sesuatu, terkait dengan produk, pengiriman produk, dan sebagainya. Dalam bisnis besar, keluhan pelanggan yang diterima setiap hari sangat kompleks. Solusinya, Anda harus menambah jumlah customer service yang khusus melayani keluhan pelanggan.

Baca juga : https://suakaraya.com/cara-memanfaatkan-whatsapp-marketing-untuk-promosikan-bisnis/

Semakin banyak layanan pelanggan, semakin cepat keluhan pelanggan akan diselesaikan. Menanggapi keluhan pelanggan dengan respon yang cepat membuat mereka merasa dihargai. Bukan tidak mungkin, pelayanan yang ramah dan respon yang cepat terhadap setiap keluhan tersebut membuat pelanggan kecewa, tetap pelanggan setia, karena Anda bisa menyelesaikan masalah yang mereka hadapi dengan cepat.

Nah, kelima cara meningkatkan kepuasan pelanggan di atas sangat disarankan untuk Anda praktikkan. Setelah itu lakukan evaluasi dan lihat hasilnya nanti.

Gratis Konsultasi

Hubungi kami
Comments

There are no comments yet.

Leave a comment

Back To Top