Analisis SWOT – Merupakan sebuah proses analisis yang harus dilakukan sebuah perusahaan ketika merencanakan strategi bisnis.
Dengan analisis ini, perusahaan akan mengetahui potensi, kelemahan, kekuatan, serta tantangan dari bisnis yang akan dilakukan.
Apa Itu SWOT ?
Menurut Albert S. Humphrey, seorang peneliti dari Stanford Research Institute.
Analisis SWOT merupakan sebuah cara sederhana untuk melakukan analisis kelemahan dan kekuatan dari bisnis.
Metode ini melakukan analisis data bisnis secara keseluruhan yang kemudian terbagi sesuai dengan faktor Internal dan faktor eksternal.
Faktor internal biasanya ada di sebuah organisasi bisnis yang mencakup unsur Strength dan Weakness.
Sedangkan, faktor eksternal biasanya ada di luar organisasi bisnis yang mencakup unsur Opportunities dan Threat.
BACA JUGA : Langkah Mudah Membangun Branding Bisnis Anda
Inilah Penjelasan Dari Empat Unsur Tersebut :
1. Strength (Kekuatan)
Proses analisis ini berfokus pada kekuatan dan kelebihan yang ada dalam bisnis anda.
Mengumpulkan berbagai data mengenai hal yang bisa menjadi nilai menarik dan unik untuk bisnis anda.
2. Weakness (Kelemahan)
Melakukan analisis ini biasanya apa saja yang ada dalam bisnis akan dianalisis.
Melihat dari pelanggan tentang apa saja yang merupakan kelemahan dan kekurangan dalam bisnis serta melihat hal apa yang ada dalam bisnis lain.
3. Opportunities (Kesempatan)
Adalah melakukan riset peluang apa saja yang dapat diterapkan pada bisnis.
Melihat bagaimana bisnis dapat mengikuti tren yang sedang berkembang atau akan berkembang.
Dengan menggabungkan tren dan bisnis, maka secara tidak langsung bisa menyatukan bisnis pada masyarakat agar bisa bertahan dalam jangka panjang.
4. Threat (Ancaman)
Menganalisis ancaman yang mungkin akan dihadapi oleh bisnis.
Yang nantinya akan menghambat bisnis sepeti adanya keterbatasan sumber daya, strategi yang di terapkan pesaing, jumlah pesaing, minat pesaing, dan keuangan dalam bisnis.
Manfaat Analisis SWOT yaitu :
Analisis ini adalah kunci keberlangsungan bisnis. Berdasarkan hasil analisis biasanya akan menampilkan apa yang harus ditingkatkan, dipertahankan, dan diperbaiki.
Analisis ini juga bisa memperlihatkan prioritas sebuah isu yang harus di perhatikan secara khusus.
Data dari hasil analisis juga akan menampilkan potensi, ketertarikan, dan juga peluang bisnis.
Analisis ini merupakan sebuah titik tumpu untuk perkembangan bisnis anda.
Hasil dari analisis yang baik biasanya akan memberikan rencana bisnis yang harus dilakukan untuk beberapa bulan dan mungkin hingga tahun depan.