Apa Itu Brand Equity? Simak Yuk! – Dalam dunia marketing, brand equity merupakan nilai atau value dari sebuah bisnis.
Bagaimana pelanggan menilai produk Anda berbeda dengan produk sejenis yang ada dipasar, sehingga mempunyai value yang lebih tinggi.
Jadi, seberapa penting peran brand equity untuk keberhasilan bisnis?
Apa Itu Brand Equity? Simak Yuk!
Brand equity atau ekuitas merek merupakan nilai lebih yang dimiliki sebuah perusahaan apabila dibandingkan dengan kompetitornya.
Hal ini juga dipengaruhi oleh persepsi dan pengalaman pelanggan.
Membangun brand equity merupakan hal yang sangat penting untuk sebuah bisnis.
Apabila perusahaan mempunyai ekuitas merek yang unggul, maka pelanggan akan percaya pada produk yang Anda pasarkan.
Mereka akan memilih produk dari brand tersebut daripada produk lain yang ada di luar sana.
Sebuah bisnis harus bisa memberikan value kepada para konsumen untuk bisa berkembang.
Brand yang memiliki value menjadi lebih dekat dengan pelanggan dan lebih unggul dari kompetitornya.
BACA JUGA : Manfaat Brand Value bagi Bisnis
Komponennya
1. Brand Awareness
Sederhananya, dalam proses ini konsumen akan dibuat familiar pada sebuah produk.
Saat pelanggan sudah akrab pada produk, diharapkan ada dorongan untuk melakukan pembelian.
2. Perceived Quality
Perceived quality berkaitan dengan persepsi pelanggan pada keunggulan sebuah produk berkaitan dengan tujuan yang sudah ditetapkan.
Untuk membangun persepsi baik pada brand, dibutuhkan strategi supaya meningkatkan kualitas produk.
3. Brand Association
Brand association ini berkaitan dengan berbagai hal yang melekat dalam ingatan pelanggan pada sebuah brand.
Asosiasi merek dapat dikatakan sebagai hubungan antara sebuah brand dengan konsepnya sehingga mudah untuk diingat.
Asosiasi tersebut bisa berupa logo, konsep, nama produk, atau emosi yang berkaitan dengan pengalaman pelanggan saat berinteraksi dengan produk Anda.
4. Brand Loyalty
Kesan positif yang dirasakan pelanggan pada produk dari sebuah brand akan membangun komitmen untuk membeli kembali produk tersebut secara konsisten.
Brand equity adalah nilai lebih yang dimiliki perusahaan dan dipengaruhi oleh persepsi pelanggan.
Membangun ekuitas merek sangat penting untuk sebuah perusahaan.
Untuk itu, pelanggan harus puas pada produk dan pelayanan yang Anda berikan.
Untuk membangun brand equity yang baik tentu diperlukan usaha yang tidak instan.
Dibutuhkan ketekunan dan ketelitian untuk mencari apa yang menjadi kebutuhan target konsumen dan menjalin hubungan yang kuat dengan para pelanggan.