Apa Itu Brand Positioning? – Brand positioning merupakan misi penting bagi setiap perusahaan yang ingin mencapai kesuksesan dalam jangka panjang.
Hal ini adalah proses untuk menempatkan brand Anda sebagai pemimpin dibenak target konsumen.
Dengan hal ini, perusahaan bisa memastikan bahwa merek akan dikenali dan diingat dengan baik.
Apa Itu Brand Positioning?
Brand positioning merupakan proses untuk memperkuat posisi brand dalam pikiran konsumen dan membedakannya dari kompetitor.
Tujuannya yaitu untuk membangun citra positif dan membangun asosiasi yang kuat antara brand dan nilai tertentu dalam benak konsumen.
Hal ini juga membantu perusahaan untuk memahami bagaimana mereka dilihat oleh konsumen dan membantu mereka memanfaatkan ini untuk meningkatkan efektivitas pemasaran.
Manfaatnya
Membedakan Brand dari Kompetitor
Brand positioning membantu untuk membedakan brand dari kompetitor dengan menentukan posisi menarik dan berkaitan dalam pikiran target konsumen.
Membangun Kredibilitas dan Loyalitas Konsumen
Dengan proses brand positioning, perusahaan bisa membangun kepercayaan dan loyalitas dengan menyediakan nilai yang berkaitan dan membedakannya.
Meningkatkan Efektivitas Pemasaran
Perusahaan bisa memanfaatkan hal ini untuk membuat kampanye pemasaran yang efektif dan berfokus dengan mengetahui bagaimana brand dilihat oleh target konsumen.
Meningkatkan Brand Awareness
Brand positioning bisa membangun brand awareness dengan memastikan bahwa brand terlihat menarik dan berkaitan dengan target market.
Meningkatkan Penjualan
Hal ini bisa membantu untuk meningkatkan penjualan dan profit dalam jangka panjang dengan mengetahui bagaimana brand dilihat oleh target konsumen.
BACA JUGA : Cara Branding yang Unik Agar Diingat Pelanggan
Jenis-Jenis Strateginya
Customer Service
Sesuai dengan namanya, strategi ini adalah pemanfaatan layanan konsumen yang efektif untuk menjangkau dan mendapatkan konsumen baru.
Convenience-Based
Strategi posisi sesuai dengan kenyamanan memperlihatkan bisnis untuk menemukan keunggulan.
Seperti, mengapa produk atau jasa Anda lebih nyaman untuk digunakan dibandingkan produk kompetitor.
Price-Based Positioning
Positioning berdasarkan harga merupakan strategi pemasaran dimana brand menempatkan dirinya sebagai pilihan harga terbaik untuk pelanggan.
Tujuan strategi ini yaitu untuk membedakan brand dari kompetitor dan memenangkan pangsa pasar dengan harga yang kompetitif.
Quality-Based Positioning
Biasanya, brand ini menyediakan produk atau jasa dengan kualitas tinggi, bahan baku terbaik, dan proses produksi terbaik untuk mencapai posisi ini.
Selain menerapkan strategi brand positioning, Anda juga harus menerapkan strategi marketing yang tepat bagi bisnis.
Anda bisa menggunakan jasa strategi Digital Marketing Agency MAXX99 digital yang bisa membantu mengembangkan bisnis Anda. Konsultasi sekarang!