Apa Itu Business Development? – Business development mengarah kepada bagaimana bisnis bisa mengembangkan strategi dan memperluas jangkauan pasar.
Bisnis yang ingin berhasil tidak boleh melewatkan faktor utama dari strategi business development.
Apa Itu Business Development?
Business development merupakan hal yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk meningkatkan perkembangan bisnisnya.
Hal tersebut bertujuan untuk menemukan peluang baru, mengembangkan produk baru, melakukan evaluasi potensi pasar, dan menjalin hubungan bisnis dengan klien dan mitra baru.
Umumnya, tugas dari business development yaitu mencari peluang bisnis baru, melakukan identifikasi tantangan dalam bisnis.
Selain itu, bisa juga untuk mengembangkan strategi dan mengatasi tantangan tersebut, serta menjalin hubungan bisnis dengan konsumen baru untuk meningkatkan bisnis.
Seorang Business Development Manager bertugas untuk membuat, mengembangkan, dan melakukan strategi bisnis yang efektif.
BACA JUGA : Apa Itu Web Development?
Perannya dalam Bisnis
1. Mencari Peluang Bisnis Baru
Hal ini mencakup peluang di pasar yang belum dijangkau, produk baru yang dapat dikembangkan, dan kerja sama bisnis yang dapat dilakukan dengan perusahaan lain.
Dengan analisis pasar yang efektif, business development akan bisa menemukan peluang baru tersebut dan mengembangkan strategi untuk menerapkannya.
2. Melakukan Evaluasi Pasar dan Persaingan
Pengetahuan pasar yang baik bisa membantu business development yang Anda buat bisa menerapkan strategi yang tepat agar bisa bersaing di pasar.
3. Meningkatkan Strategi Bisnis
Setelah mencari peluang dan mengevaluasi pasar, business development bisa mengembangkan strategi bisnis untuk menerapkan peluang tersebut.
Hal ini meliputi strategi untuk meningkatkan jangkauan pasar, meningkatkan penghasilan, menghemat biaya, dan mengembangkan produk atau layanan baru.
Strategi yang ditingkatkan oleh pengembang harus sesuai dengan visi dan misi perusahaan dan tujuan jangka panjang yang telah ditentukan.
4. Membangun Hubungan Bisnis
Pengembang bisnis juga bertanggung jawab untuk membangun hubungan bisnis dengan pihak yang terkait, seperti konsumen, mitra, dan supplier.
Dengan menjalin hubungan yang baik, hal tersebut memungkinkan perusahaan untuk memperluas jangkauan bisnis.
Bahkan bisa meningkatkan peluang untuk mendatangkan konsumen baru dan meningkatkan kepercayaan konsumen pada produk yang dipasarkan.
5. Meningkatkan Penghasilan
Hal ini bisa dilakukan melalui pengembangan produk baru, memperluas jangkauan pasar, hingga meningkatkan harga produk atau jasa yang Anda pasarkan.
Selain itu, mereka juga harus memastikan bahwa strategi yang dilakukan bisa meningkatkan penghasilan dan memberikan keuntungan dalam jangka panjang.