Apa Itu Conversation Marketing - maxx99 - Digital Agency
Digital Marketing

Apa Itu Conversation Marketing

Conversation marketing

Conversation marketing – Merupakan salah satu strategi pemasaran yang tidak mengeluarkan banyak biaya. Apabila diartikan conversation marketing artinya percakapan di dunia pemasaran. Istilah ini adalah untuk membangun sebuah komunikasi secara langsung dengan para pelanggan. Bahkan untuk membangun adanya percakapan oleh keduanya, yaitu oleh pemasaran dan pelanggan.

Conversation marketing memang bertujuan untuk membangun komunikasi secara langsung dengan pelanggan dan membuat adanya percakapan oleh keduanya. Tentunya Anda ingin para followers Anda selalu memberi ulasan dan memberi pertanyaan. Selanjutnya saat Anda membalas ulasan dan menjawab pertanyaan, maka tercipta komunikasi di antara keduanya.

Peran Penting dari Conversation Marketing

Yaitu untuk memberi informasi, membujuk pelanggan baik itu secara langsung atau tidak langsung mengenai sebuah produk yang dijual. Komunikasi pemasaran tentunya mempunyai banyak manfaat untuk pelanggan, terutama untuk memberitahukan dan memperkenalkan bagaimana dan kenapa produk dibeli, mengenali produk lebih dalam, dan dimana serta kapan produk tersebut bisa didapatkan.

Conversation Marketing yang Harus Dipahami Pebisnis

Untuk menjalankan stretagi communication marketing, kebanyakan pebisnis dan pemasaran akan lebih berfokus terhadap media sosial. Sebenarnya, conversational marketing bukan hanya bergantung ke media sosial saja.

 Cara lain yang bisa dilakukan yaitu :

  1. Email marketing, adalah salah satu strategi yang lumayan efektif untuk meningkatkan penjualan. Caranya yaitu dengan mengirim informasi terhadap para konsumen lewat email. Informasi yang diberi bisa berbentuk pembahasan mengenai sebuah produk yang di sediakan, Berbagai fitur unggul yang anda punyai, maupun promo yang tengah berlangsung.
  2. Live customer support. Hal ini juga penting untuk dijalankan saat melakukan strategi conversational marketing. Memberi layanan customer support maupun customer care adalah sebuah bentuk bahwa Anda menghargai para konsumen. Dengan cara ini, Anda juga bisa mendapatkan saran serta kritik yang membangun dari konsumen. Hal tersebut juga begtu efektif untuk mengembangkan bisnis Anda seterusnya.
  3. Customer loyalty programs. Cara ini bisa dijalankan untuk menjalin hubungan yang baik dengan para konsumen dan mepertahankan mereka supaya terus menggunakan produk dari brand Anda.

Berbagai bisnis memanfaat berbagai bentuk conversation marketing untuk melakukan promosi produk dari brand apa yang telah di jual untuk mendapatkan keuntungan finansial. Supaya produk Anda semakin di kenal oleh banyak orang, Anda harus mampu untuk melakukan strategi pemasaran.

Baca Juga : Ketahui Jenis Konten Blog Untuk Mendatangkan Pengunjung
Back To Top