Apa Itu Copywriting – Apakah anda menyadari bahwa artikel dan tulisan berupa ajakan pada sebuah iklan promosi produk tidak dibuat secara sembarangan.
Tulisan ajakan tersebut dibuat oleh orang yang bekerja secara khusus dalam pemasaran dan biasanya penulisnya disebut sebagai copywriter.
Pengertian Copywriting
Dilansir dari halaman American Writers and Artist Institute (AWAI).
Apa Itu Copywriting Copywriting merupakan sebuah proses penulisan materi pemasaran dan promosi yang mendorong audiens untuk melakukan tindakan.
Mungkin anda tidak menyadarinya, namun sebenarnya hal tersebut ada di mana-mana.
Promosi bagi sebuah restoran, katalog, surat penggalangan dana dari organisasi, maupun iklan untuk memasarkan berbagai macam produk merupakan bentuk copywriting.
Awalnya cara tersebut hanya digunakan untuk membuat sebuah artikel sejenis advertorial, sales letter, billboard, hingga media pemasaran berbentuk tulisan lainnya.
Oleh karena itu, strategi pemasaran ini dikenal dengan copywriting. Dengan begitu, dalam era yang sudah serba digital dan online seperti saat ini.
Strategi tersebut di nilai sebagai sebuah hal yang penting pada pemasaran produk.
Bukan hanya bisa di buat dengan bentuk tulisan saja, tapi strategi ini juga dapat di gunakan dalam proses pembuatan sebuah naskah video atau podcast.
Bahkan, kemampuan ini juga dapat di gunakan dalam berbagai macam media pemasaran.
Strategi ini dapat diterapkan dalam landing page, artikel, postingan sosial media, headline dan meta description.
Bahkan bisa juga dalam iklan berbayar di Google dan sosial media, judul serta deskripsi video di YouTube.
BACA JUGA : Mengapa Copywriting Penting Saat Ini?
Jenis-Jenisnya
1. Direct response copywriting
Merupakan sebuah konten berbentuk tulisan yang mengarahkan audiens untuk meng-klik sebuah halaman website.
2. Marketing copywriting
Adalah sebuah konten yang memberikan berbagai informasi penjualan produk untuk meyakinkan pelanggan seperti menjelaskan manfaat dari produk tersebut.
3. Brand copywriting
Adalah salah satu jenis yang berfokus pada penyampaian reputasi dan identitas dari sebuah brand.
4. SEO Copywriting
Merupakan jenis konten yang berfokus agar muncul dalam search engine google.
Di mana biasanya para audiens harus membuka search engine untuk menemukan informasi sebelum melakukan pembelian.
5. Technical Copywriting
Jenis ini biasanya lebih fokus untuk memberi wawasan yang lebih luas mengenai cara kerja dari sebuah produk.
Strategi ini merupakan inti dari sebuah bisnis. Tanpa adanya copywriter, sebuah bisnis mungkin tidak bisa menyampaikan informasi mereka pada calon konsumen untuk meluaskan promosi mereka.copywriting