Apa itu Customer Relationship Management? - maxx99 - Digital Agency
Bisnis

Apa itu Customer Relationship Management?

CRM

CRM – Customer Relationship Management atau manajemen hubungan pelanggan merupakan istilah yang biasanya digunakan pada bisnis. CRM merupakan sebuah strategi bisnis yang tujuannya untuk mengolah hubungan dari perusahaan dengan konsumen yang mengkombinasikan tahap diantara manusia dan juga teknologi.

Apa Itu Customer Relationship Management?

Sistem CRM merupakan strategi bisnis yang fokus pada pengelolaan hubungan dari perusahaan dengan konsumen. Sama dengan strategi bisnis yang lain, sistem CRM juga dirancang supaya bisa meningkatkan penghasilan, mengurangi terjadinya kerugian, dan mengurangi pengeluaran biaya. Ciri dari customer relationship management ada dalam pendekatannya yang memproritaskan hubungan dari perusahaan dan konsumen.

Manfaat Dari Sistem CRM bagi Bisnis

1. Meningkatkan Kesetiaan Konsumen

Dengan menggunakan sistem CRM pada bisnis, bisa membantu Anda untuk memperoleh informasi yang berhubungan dengan konsumen, salah satunya kebiasaan belanja sampai waktu ketika konsumen mengambil keputusan untuk melakukan pembelian.

2. Mengurangi Biaya

Dengan menganalisis data CRM, maka Anda dapat berfokus dalam suatu hal yang membutuhkan perbaikan. Pelayanan terhadap para konsumen juga dapat secepanya untuk ditingkatkan. 

3. Meningkatkan Hasil Penghasilan

Dengan menerapkan startegi dengan tepat, Customer Relationship Management bisa membantu untuk mengurangi pengeluaran biaya, meningkatkan efisiensi, dan juga meningkatkan kesetiaan konsumen. Apabila diperhitungkan, faktor tersebut akan bisa membantu meningkatkan penghasilan bisnis.

Tahap Penerapan CRM

1. Acquire

Tahap awal menerapkan CRM adalah acquire  yaitu memperoleh konsumen baru. Salah satu strategi supaya tahap ini sukses dilakukan yaitu dengan mempromosikan produk. Bahkan, anda bisa juga untuk memberikan kenyamanan terhadap konsumen Ketika mereka membeli produk anda.

2. Enhance

Apabila Anda sukses melewati tahapan acquire, maka tahap penggunaan Customer Relationship Management berikutnya adalah enhance yaitu menambah nilai konsumen. Yang dimaksud dari nilai yaitu kualitas dari hubungan dengan konsumen. Anda dapat menyediakan solusi seperti layanan konsumen yang tujuannya untuk membantu masalah konsumen.

3. Retain

Tahap selanjutnya adalah retain yaitu mempertahankan konsumen. Dapat dikatakan, ini merupakan tahap yang paling sulit pada . Meskipun sulit, namun retain bisa dilakukan.

Jadi, dapat dikatakan bahwa Customer Relationship Management merupakan strategi untuk meningkatkan pendapatan dan mengurangi biaya pengeluaran, yang fokus terhadap hubungan dengan konsumen. Untuk Anda yang akan membangun bisnis, bukan hanya menggunakan Customer Relationship Management , anda juga bisa membuat sebuah website. Dengan menggunakan website, para konsumen bisa lebih mudah untuk mengenal produk dari bisnis anda.

Baca Juga : Mengapa CRM Penting Bagi Bisnis Anda?
Back To Top