Apa Itu Digital Branding? – Digital branding merupakan salah satu aspek penting untuk memasarkan produk.
Terutama di era digital ini, membangun identitas bisnis secara online bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan.
Mengingat sebagian besar calon pelanggan mengakses internet untuk berbelanja atau mencari sebuah informasi.
Apa Itu Digital Branding?
Branding adalah usaha yang dilakukan untuk membuat bisnis agar dikenal masyarakat luas.
Branding bisa ditampilkan dalam bentuk design, kalimat, atau ide yang mudah unutk diingat oleh audiens. Istilah ini disebut sebagai brand messaging.
Digital branding adalah salah satu strategi membangun atau merancang brand secara online melalui berbagai platform digital.
Seperti website, aplikasi, sosial media, email marketing, search engine ads, dan lain-lain.
Dalam digital marketing, branding merupakan salah satu cara pemasaran yang efektif untuk menyampaikan visi dan misi hingga nilai produk.
Hal ini juga bermanfaat untuk membangun hubungan dengan pelanggan.
Selain itu, memaksimalkan hal ini juga bisa membantu Anda menerapkan strategi bisnis dengan baik.
Terutama untuk melakukan promosi produk atau penawaran khusus seperti diskon, potongan harga, dan paket bundling lain.
BACA JUGA : Apa Itu Product Branding?
Tujuan
Tujuan utama digital branding adalah membangun image sebuah brand dan berfokus menjalin hubungan yang erat dengan pelanggan.
Meskipun hal ini bagian dari aspek marketing, namun cara kerja hal ini tidak terlihat seperti sedang memasarkan sebuah produk.
Manfaat
1. Menjalin Interaksi dengan Konsumen
Berinteraksi dengan konsumen merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan.
Usaha untuk membangun interaksi ini bisa menarik perhatian pelanggan untuk melakukan pembelian produk yang dipasarkan.
2. Menjadikan Brand Lebih Mudah Diingat
Digital branding memiliki ciri khas atau identitas visual dari sebuah bisnis.
Ciri khas brand bisa berupa pembuatan logo dengan bentuk dan warna yang menarik, bentuk font, hingga gaya bahasa yang digunakan ketika promosi.
3. Memperluas Jaringan
Hal ini bisa membantu Anda untuk memperluas jangkauan pelanggan.
Apalagi jika Anda menggunakan berbagai platform digital untuk melakukan promosi produk.
4. Memviralkan Bisnis
Saat ini, menjadi viral merupakan hal yang biasa. Meskipun tidak sepenuhnya direncanakan, bisnis Anda mempunyai peluang untuk dikenal.
Dalam hal ini, Anda harus konsisten membuat dan mengunggah konten yang menarik.
Semakin besar usaha Anda untuk memperkenalkan bisnis, maka akan semakin besar juga kesempatan untuk dikenal oleh masyarakat luas.