Apa Itu Follow Up Customer? – Dalam dunia bisnis, follow up customer merupakan sebuah istilah yang mungkin sudah menjadi bahasa sehari-hari.
Follow up customer dianggap sebagai salah satu bagian yang penting untuk layanan konsumen, yang bisa meningkatkan kepuasan dan pengalaman mereka pada sebuah brand.
Apa Itu Follow Up Customer?
Follow up customer merupakan sebuah proses yang menghubungi kembali calon pelanggan yang berpotensi melakukan pembelian produk yang ditawarkan pada mereka.
Biasanya, follow up dilakukan setelah Anda melakukan promosi pemasaran dan mengenalkan produk pada calon pelanggan.
Tujuan dari hal ini adalah untuk mengingatkan lagi karena terkadang pelanggan tidak langsung membeli sebuah produk untuk sekali penawaran.
Maka dari itu, hal ini sangat penting dilakukan untuk mendapatkan tanggapan dari pelanggan untuk melakukan dan meyakinkan pelanggan supaya membeli sebuah produk.
Manfaatnya bagi Bisnis
1. Meningkatkan Penjualan Bisnis
Manfaat pertama dari follow up customer merupakan bisa meningkatkan penjualan produk.
Terutama jika Anda melakukan hal ini pada pelanggan dengan benar dan tepat, maka penjualan juga bisa semakin meningkat dengan cepat.
Hal ini karena follow up adalah bagian dari pelayanan pelanggan.
Apabila pelanggan merasa nyaman pada pelayanan Anda, mungkin nantinya dia tidak akan ragu lagi untuk melakukan pembelian sebuah produk yang Anda pasarkan.
BACA JUGA : Apa Itu Customer Experience?
2. Memberikan Informasi Mengenai Produk Terbaru
Follow up juga dapat dilakukan untuk memberikan informasi tentang produk terbaru.
Terutama jika pelanggan memang mempunyai permasalahan yang dapat diatasi dengan produk tersebut.
Dengan begitu, peluang pelanggan untuk melakukan pembelian produk akan meningkat.
3. Mengingatkan Pelanggan
Fungsi berikutnya dari proses follow up customer merupakan untuk mengingatkan kembali pada calon pelanggan tentang penawaran produk yang telah Anda lakukan sebelumnya.
Mungkin pelanggan akan lupa untuk melakukanpembelian produk. Sehingga, adanya hal ini sangat berguna bagi pelanggan untuk diingatkan kembali.
Selain itu, hal ini juga dapat menghilangkan keraguan yang pernah dirasakan pelanggan terhadap penawaran pertama.
Bahkan hal ini juga berguna untuk meyakinkan pelanggan kembali supaya mereka melakukan pembelian produk.
4. Memperoleh Rekomendasi dari Calon Pelanggan
Terakhir, hal ini dapat dilakukan untuk memberikan promosi produk.
Promosi yang paling baik memang saat dilakukan dari mulut ke mulut oleh para pelanggan.
Jadi, Anda bisa mendapatkan promosi gratis dan potensi bertambahnya pelanggan.