Apa itu Foto Produk? - maxx99 - Digital Agency
BisnisBrandingDesignDigital MarketingMarketing

Apa itu Foto Produk?

Apa itu Foto Produk?

Apa itu Foto Produk? – Foto produk merupakan salah satu faktor yang bisa membuat produk Anda lebih laku.

Dilansir dari Weebly, 75% pembeli pada ecommerce menganggap foto produk sangat penting untuk mempengaruhi keputusan pembelian. 

Dengan demikian, Anda harus lebih serius dalam menggarap foto produk bagi bisnis Anda. 

Jadi, sebenarnya apa itu foto produk? Dan bagaimana cara mengambil foto produk yang baik?

Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Apa itu Foto Produk?

Dikutip dari Coconut Product Photography, product photography atau fotografi produk merupakan sebuah cara untuk mengambil gambar dari sebuah produk.

Hal ini dilakukan supaya bisa menjelaskan bentuk dan fungsi produk tersebut.

Selain itu, hal ini juga bisa membuat membuat produk Anda lebih menarik agar penjualan semakin meningkat.

Pentingnya bagi Bisnis

Ada berbagai hal yang membuat foto produk merupakan hal yang penting bagi perkembangan bisnis Anda.

Dikutip dari Weebly, berikut pentingnya foto produk yang harus Anda ketahui.

1. Bisa meningkatkan kepercayaan calon pelanggan

Mempunyai foto produk yang baik bisa meningkatkan kepercayaan calon pelanggan.

Karena, dengan melihat Anda menggarap hal ini dengan serius, pembeli akan yakin bahwa Anda merupakan penjual yang terpercaya.

Bahkan mempunyai kualitas produk yang baik.

2. Meningkatkan nilai jual

Foto yang berkualitas membuat sebuah produk terlihat elegan dan mempunyai nilai jual. 

Melalui foto produk, seseorang bisa mengetahui apa yang dijual dari produk tersebut. 

Bukan hanya melalui kata-kata, visual yang menarik bisa membuat calon pelanggan lebih tertarik pada sebuah produk.

3. Bisa menjadi identitas

Foto produk sangat penting karena bisa menjadi identitas bagi penjual itu sendiri.

Calon pelangaan akan lebih mudah untuk memahami sebuah iklan berdasarkan gambar produk saja.

Sehingga, Anda harus mempertimbangkan berbagai hal dalam melakukan pengambilan foto produk.

4. Social media marketing

Hal terakhir dari pentingnya foto produk yaitu sebagai social media marketing.

Terutama dalam Instagram, foto yang menarik dan profesional tentu sangat penting.

Gambar yang menarik dan berkualitas dapat meningkatkan engagement hingga pembelian untuk produk Anda.

BACA JUGA : Pentingnya Foto Produk untuk Meningkatkan Penjualan

Jenis-Jenisnya

1. Ghost mannequin

Jenis ini sangat banyak digunakan dalam produk pakaian. 

Seperti namanya, jenis foto ini maksudnya yaitu memfoto pakaian yang sedang digunakan, tapi bagian tubuh pengguna dihapus lewat aplikasi edit foto.

Tujuannya yaitu untuk menyajikan secara jelas bagaimana pakaian tersebut ketika digunakan, tapi tanpa harus memperlihatkan model yang menggunakannya. 

2. Menggunakan latar belakang polos

Background yang digunakan dapat beragam tergantung pada keinginan dan produk yang ditampilkan. 

Terlepas dari hal tersebut, latar yang digunakan biasanya putih atau warna-warna terang.

Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan sweep atau kertas yang melengkung sebagai background.

Hal tersebut digunakan untuk mendapat hasil yang lebih rapi daripada menggunakan tembok saja. 

Foto produk dengan menggunakan latar belakang polos bisa digunakan untuk berbagai jenis produk.

3. Lifestyle photography

Untuk jenis ini, sebuah produk ditata sedemikian rupa dalam keadaan sebenarnya sehingga menghasilkan foto yang sangat menarik.

Hal ini seperti menempatkan sebuah produk di meja, dengan berbagai properti pelengkap untuk memperindah tampilan produk.

Biasanya, jenis ini digunakan dalam produk kuliner, tapi bisa juga pada produk lain. 

Dengan memanfaatkan foto produk jenis ini, calon pelanggan akan melihat seperti apa sebuah produk apabila diletakkan pada kondisi sebenarnya.

Seperti ukuran dan bentuknya. 

4. Foto fashion

Seperti namanya, jenis foto ini memang biasanya digunakan untuk produk seperti fashion.

Berbeda dengan jenis ghost mannequin, untuk jenis ini, pakaian atau produk lain difoto bersamaan dengan modelnya.

Hal ini bisa dilakukan fotografer di dalam studio atau dalam sebuah lokasi tersendiri, sesuai dengan produk yang ingin ditampilkan.

Tips Melakukannya

1. Jangan ragu menggunakan ponsel

Hal pertama yang harus Anda ketahui merupakan jangan ragu untuk menggunakan ponsel.

Tidak harus menggunakan kamera mahal, memotret dengan smartphone saja saat ini hasilnya sudah cukup maksimal. 

2. Menggunakan tripod

Untuk mendapat hasil yang maksimal, Anda harus menggunakan tripod untuk melakukannya.

Hal ini supaya hasilnya lebih konsisten, terutama apabila Anda mempunyai cukup banyak produk untuk difoto.

Apabila menggunakan tangan saja, hasilnya akan berbeda di tiap fotonya dan tentu akan mengurangi keindahan dan konsistensinya.

3. Atur pencahayaan

Seperti fotografi pada umumnya, terhadap foto produk Anda juga harus memperhatikan pencahayaan.

Pastikan objek yang Anda foto tidak terlalu gelap atau menghasilkan bayangan yang cukup kasar.

4. Memperhatikan komposisi

Hal lain yang harus Anda perhatikan yaitu komposisinya. Komposisi yang baik dalam sebuah foto akan membuat sebuah produk lebih menarik.

Produk juga menjadi mempunyai nilai jual lebih karena memberi kesan bahwa Anda menggarapnya secara serius.

5. Ambil sebanyak-banyaknya

Poin terakhir yang harus Anda perhatikan dalam melakukan foto produk yaitu untuk mengambil gambar sebanyak-banyaknya.

Ingat, bahwa gambar yang Anda ambil bisa saja kurang sempurna, sehingga jangan ragu untuk mengambil sebanyak-banyaknya. 

Hal ini supaya foto yang Anda tampilkan yaitu foto yang terbaik.

Manfaatnya bagi bisnis

Meningkatkan nilai jual produk

Visual yang menarik bisa menambah nilai dari sebuah produk dan berpeluang meningkatkan konversi penjualan.

Dilansir dari data Weebly, foto menjadi indikator yang penting untuk menarik perhatian pembeli online. 

Bukan itu saja, melalui foto yang terlihat berkualitas, pembeli bukan hanya tertarik Tapi juga melihat dengan lebih rinci terkait bentuk dan fungsi produk tersebut.

Meningkatkan branding bisnis

Semakin baik kualitas foto yang ada, maka secara tidak langsung hal ini akan meningkatkan identitas bisnis.

Terlebih lagi, apabila Anda mempunyai ciri khas tersendiri dalam setiap foto.

Dengan begitu, pembeli bisa mengenal identitas bisnis cukup dari melihat sebuah iklan produk. 

Selain itu, kesungguhan untuk memberikan gambaran produk akan dinilai konsumen sebagai kepercayaan dan sikap profesional.

Foto dari produk juga menjadi cerminan akan kualitas, nilai, dan karakter bisnis.

Hal ini tentu akan membangun branding tersendiri yang berbeda dari para pesaing. 

Meningkatkan kredibilitas calon pelanggan

Foto yang jelas dan menarik merupakan salah satu faktor bentuk penilaian untuk calon pelanggan.

Penjual yang memberi keterangan dan foto barang mereka secara profesional agar bisa membangun kepercayaan konsumennya. 

Sebagai media untuk pemasaran digital

Di era digital saat ini, media sosial menjadi hal penting yang bisa membantu bisnis untuk menjangkau pelanggan secara meluas.

Adanya foto akan memudahkan Anda untuk mendatangkan pelanggan melalui media sosial, terutama platform yang berbasis foto, seperti Instagram.

Ada beberapa jenis foto produk yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan.

Banyak manfaat dari pengambilan foto produk yang menarik, dimulai dari meningkatkan penjualan hingga membangun reputasi bisnis.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk mengambil foto produk yang menarik bagi bisnis Anda?

Back To Top