Apa Itu Google AMP Dan Apa Fungsinya? - maxx99 - Digital Agency
SEOWebsite

Apa Itu Google AMP Dan Apa Fungsinya?

Apa Itu Google AMP

Apa Itu Google AMP – Kecepatan loading page adalah masalah utama yang sering terjadi di website, namun dengan adanya software berguna bernama Google AMP, masalah loading dapat diatasi.

Apa Itu Google AMP?

AMP atau Accelerated Mobile Pages adalah teknologi software yang diciptakan Google untuk mempercepat loading page website dalam perangkat mobile.

Google AMP merupakan fitur khusus yang bisa meningkatkan performa website yang dibuat dari teknologi sederhana CSS dan HTML.

Fungsi Google AMP?

1.Meningkatkan Page Views

Situs yang bisa diakses dengan cepat akan membuat pengunjung website untuk menjelajah ke halaman lain. Semakin banyak page yang dikunjungi maka akan semakin meningkat juga tingkat page views. Hal itu akan membuat website bisa meningkatkan konversi.

2.Menurunkan Bounce Rate

Suatu survei menampilkan website yang lambat akan membuat bounce rate tinggi. Bahkan sebaliknya, kecepatan loading yang cepat meningkatkan user experience dan juga menurunkan angka bounce rate. Menurunkan bounce rate membuat page mempunyai tingkat baik di mesin pencari google.

Baca Juga : Rekomendasi Tools Google Gratis untuk Digital Marketing

3.Meningkatkan SEO

Halaman website yang cepat, bisa diakses, mobile friendly, dan mempunyai loading cepat pastinya akan berpengaruh baik dalam SEO. Seluruh faktor ini membuat website dapat muncul di halaman paling atas hasil pencarian.

4.Meningkatkan Visibilitas

Walaupun bukan faktor penentu, AMP Google juga sangat penting untuk meningkatkan performa suatu website. Apabila website performanya optimal, loading cepat dan tampilan mobile friendly tentu lebih bisa untuk menarik pengunjung.

Bagaimana Cara Kerja AMP?

1. HTML

Teknologi Accelerated Mobile Projects membuat HTML yang sangat sederhana dari HTML biasa. Sebuah aturan yang berlaku untuk HTML ini berguna untuk membuat loading halaman cepat.

2. AMP JavaScript (JS)

Hadirnya teknologi ini membuat pengguna JavaScript telah dibatasi. Hanya script AMP saja yang bisa  digunakan untuk membuat pemuatan yang optimal.

3. Cache

Cache custom dalam AMP adalah jaringan pengirim konten yang didukung oleh sistem proxy. Fungsi jaringan tersebut yaitu untuk menjalankan  dan mengirim semua dokumen yang sah.

Oleh karena itu, Anda harus bijak memilih dan menetapkan berbagai fitur yang sangat diperlukan website. Kecepatan suatu website penting untuk diperhatikan. Bukan hanya berdampak terhadap hasil pencarian Google, tapi juga terhadap psikologi pengunjung. Pengguna akan merasa tenang dan juga lebih nyaman mengakses website Anda.

Back To Top