Apa Itu Iklan iklan Advertorial – Iklan adalah salah satu kegiatan promosi yang sangat efektif dimanfaatkan untuk meningkatkan keuntungan pemasaran. Teknologi untuk melakukan iklan semakin canggih. Kini telah ada konsep iklan advertorial yang menyediakan produk barang.
Padahal sebenarnya konsep iklan ini telah ada sejak lama sebgai bentuk kreatif dari suatu iklan pemasaran, tapi saat ini jenis iklan advertorial terus populer. Iklan yang berupa advertorial ini semakin banyak dimanfaatkan oleh para pebisnis professional untuk menarik target pasar dengan menggunakan cara yang sangat halus.
Apa Itu Iklan Advertorial
Iklan Advertorial adalah bentuk iklan yang dibuat dengan gaya bahasa jurnalistik. Advertorial sendiri berasal dari dua kata dalam bahasa Inggris yaitu Advertising dan Editorial.
Advertising adalah penyampaian materi dengan meyakinkan terhadap pembaca lewat media massa yang bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk. Sedangkan editorial adalah sebuah pernyataan mengenai opini yang artinya perilaku resmi dari redaksi.
Baca Juga : Apa Itu Conversation Marketing
Tujuan utama menggunakan iklan ini yaitu untuk memasarkan dan mempromosikan sebuah brand atau produk, dan jasa dari perusahaan pada banyak orang, namun fungsi utamanya yaitu sebagai pendamping, penerjemah, dan penafsir iklan yang ada di media sosial.
Kelebihan Iklan Advertorial Untuk Strategi Pemasaran
- Lebih banyak disukai karena seperti tidak mengajari pembaca mengenai sebuah produk atau informasi yang lain.
- Bisa membuat kesan yang meyakinkan pada pembaca karena iklan dibuat dengan memperhatikan kaidah jurnalistik. Jadi cara yang dimanfaatkan untuk mendorong pembaca yaitu dengan bahasa persuasif, seperti menyebutkan pengalaman nyata maupun fakta dari lapangan.
- Iklan jenis ini memiliki potensi yang lebih besar dalam mencapai target penjualan.
- Biaya untuk pembuatan iklan jenis ini cenderung lebih murah dibanding dengan iklan display.
Iklan advertorial ini menyediakan hal yang berbeda saat mengiklankan karena dibuat dengan bentuk iklan editorial dan bisa juga dalam artikel yang dimuat pada media cetak, jurnal, ataupun website. Dengan menggunakan iklan jenis ini, pembaca bisa dengan mudah memahami informasi seperti Ketika sedang membaca artikel, padahal yang dibacanya iklan. Pesan yang diberikan oleh iklan biasanya memang sering pembaca tidak menyadarinya. Advertorial cukup efektif untuk di gunakan sebagai salah satu cara strategi pemasaran. Merencanakan strategi pemasaran dengan tepat tentunya sangatlah penting untuk meningkatkan kemajuan dari produk Anda.