Apa Itu Inbound Marketing – Strategi pemasaran yang berkombinasi dengan dunia digital adalah sebuah gabungan yang cukup efektif untuk membuat suatu bisnis selalu berkembang. Kemodernan dan kemudahan yang di sajikan oleh dunia digital membuka peluang untuk usaha pemasaran untuk membuat berbagai strategi yang tiada batasan.
Pengertian Inbound Marketing
Inbound marketing merupakan strategi pemasaran dengan memanfaatkan konten dan juga komunikasi yang berkaitan serta solutif untuk membantu bisnis Anda agar bisa ditemukan oleh pelanggan, pada hal ini pelanggan yang akan datang sendiri terhadap produk yang telah disediakan.
Strategi ini dijalankan supaya konten yang disajikan tidak hanya menarik namun juga sangat manfaat. Karena secara umum masyarakat saat ini kebanyakan mencari solusi lewat media sosial atau mesin pencari, jadi inbound marketing menjadi strategi yang efekti apa itu inbound marketing untuk digunakan. Manfaat lainnya yang dapat diperoleh yaitu inbound marketing juga lebih hemat biaya.
Bedanya dengan Outbound Marketing
Outbound marketing biasanya sering disebut sebagai strategi pemasaran secara tradisional. Tujuan yang utama dari outbound marketing yaitu mendapatkan orang yang berpotensi menjadi konsumen lewat iklan yang ditayangkan, promosi, telepon, direct mail dan cara tradisional yang lain. Oleh karena itu, outbound marketing memerlukan biaya yang lebih besar.
1. Attract
Di outbound marketing, strategi ini seringkali dilakukan dengan menayangkan iklan dan promosi. Sedangkan dalam inbound marketing Anda diharuskan untuk dapat memberi konten yang berguna.
2. Convert
Sesudah memperoleh pengunjung dalam website, inilah saatnya membuat pengunjung tersebut jadi melakukan pembelian dan juga menjadi konsumen. Caranya yaitu dengan memperoleh rincian kontak mereka, khususnya email.
3. Close
Simpan rincian kontak dari para calon konsumen lalu tawarkan produk dan layanan Anda. Menghubungi calon konsumen baik yang bersedia memanfaatkan layanan Anda maupun yang tidak memakai email untuk terus meyakinkan konsumen.
4. Delight
Sesudah calon konsumen telah resmi jadi konsumen, maka tidak harus puas sampai di situ saja. Anda harus bisa mempertahankan hubungan baik dengan konsumen.
Baca Juga : Inbound vs Outbound Marketing, Mana yang Lebih Baik?
Kini telah mengetahui kegiatan inbound marketing, inilah saatnya untuk mencobanya langsung terhadap bisnis. Lihatlah bagaimana efektifnya strategi yang bermanfaat untuk merubah website Anda menjadi bahan pemasaran dengan hasil yang memuaskan. Jangan lupa juga untuk menjalankan evaluasi dan pengelolaan seterusnya, di bidang keuangan