Apa Itu Kalender Konten Sosial Media? - maxx99 - Digital Agency
Content MarketingSocial Media

Apa Itu Kalender Konten Sosial Media?

Kalender Konten

Kalender Konten – Mengolah konten untuk sosial media bukan suatu hal yang mudah.

Tapi, ada sebuah cara efektif yang dapat Anda gunakan untuk memudahkan pekerjaan, yaitu membuat sebuah kalender konten.

Pengertian Kalender Konten Sosial Media

Adalah sebuah cara efektif yang biasanya digunakan oleh media social specialist untuk mengatur waktu konten yang akan diposting.

Ini membantu Anda untuk menghemat waktu dan menjadikan pekerjaan terasa lebih ringan.

Dengan ini, Anda dapat membuat ide konten berkualitas yang akan diposting menjadi lebih teratur.

Saat membuat rencana dalam kalender, Anda dapat memasukkan berbagai informasi yang isinya rencana dari konten yang akan dibuat.

Dimulai dari draf judul, waktu posting, dan sumber yang digunakan.

Hal tersebut memudahkan Anda untuk merencanakan ide dalam waktu 30 sampai 365 hari ke depan.

Jadi artinya, Anda dapat merencanakan konten tiap bulan bahkan tiap tahun. Anda bisa memasukkan draf dan hal penting yang Anda buat untuk diposting.

Atur sesuai dengan tanggal, bulan, maupun jam yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan begitu, Anda dapat meggambarkan konten dengan susunan yang teratur, pengelolaannya juga menjadi lebih mudah.

Manfaat Kalender Konten Sosial Media

1. Membuat Jadwal Konten yang Tepat

Tanpa adanya kalender kontenn, mungkin anda lebih sulit untuk mengatur jadwal posting yang tepat. Bahkan, Anda sulit untuk menggambarkan pekerjaan.

Apalagi jika Anda bertanggung jawab menangani beberapa akun dalam beberapa sosial media.

Supaya tiap akun yang dikelola dapat mendapatkan fokus yang baik, maka anda memerlukan kalender konten social media.

2. Memfokuskan Perencanaan Konten

Konten yang diposting pada sosial media biasanya berisi sebuah ilustrasi, foto, link pada website, video, dan juga komentar dari pengunjung.

Dengan kalender konten, Anda akan lebih terbantu untuk memutuskan materi apa saja yang Anda butuhkan.

Dengan begitu, Anda juga dapat memastikan konten tersebut telah diatur dengan baik atau belum oleh tim marketing untuk di unggah ke social media.

3. Menghindari Terjadinya Kesalahan

Unsur pada konten sosial media juga merupakan hal kecil yang lebih rinci.

Oleh karena itu, pastikan seluruh konten yang Anda unggah telah terusun dengan benar dan teratur dari kesalahan.

Aneda harus mengecek kembali seluruh rencana postingan untuk menghindari adanya kesalahan penulisan, tautan,  gambar, dan lain-lain. 

Baca Juga : Tren Content Marketing Tahun 2023, Untuk Mendorong Inovasi Konten
Back To Top