Apa Itu Komunikasi Bisnis? Ini Tujuannya – Sebagai pebisnis, tentu anda harus melakukan komunikasi bisnis.
Apakah anda pernah mendengar istilah ini? Apa tujuannya dan mengapa harus diterapkan dalam perusahaan anda?
Diperlukan komunikasi dalam sebuah perusahaan jika anda ingin mengembangkan bisnis yang sedang dilakukan saat ini atau yang masih berada dalam tahap perencanaan.
Komunikasi ini bisa terjadi antar 2 orang, atau lebih, tergantung dari siapa saja yang terlibat erat dalam sebuah bisnis.
Adanya hal ini tentu bisa menghasilkan berbagai ide yang menarik dan bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan perusahaan.
Maka dari itu, anda harus menerapkan komunikasi dalam perusahaan anda.
Jadi, apa itu komunikasi bisnis dan apa tujuannya bagi sebuah perusahaan atau organisasi?
Ingin tahu selengkapnya? Yuk simak dibawah ini!
Apa Itu Komunikasi Bisnis?
Secara sederhana, istilah komunikasi bisnis mengacu pada pengertian dimana terjadinya sebuah kegiatan yang dilakukan secara verbal dan non verbal.
Dimana dalam hal ini terdapat berbagai informasi, ide, dan juga gagasan didalamnya.
Tujuannya
1. Meminimalisir Terjadinya Miskomunikasi
Komunikasi bisnis harus dilakukan untuk mengurangi terjadinya miskomunikasi.
Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk mulai menentukan jadwal komunikasi dan menggunakan peluang tersebut untuk menyampaikan berbagai informasi penting dengan jelas pada audiens.
2. Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan
Ketika bekerja, mungkin banyak karyawan yang hanya bekerja dengan komputer dan mencari berbagai informasi dari internet saja.
Akan tetapi, jika terjadi sebuah komunikasi internal antara 2 orang atau lebih, maka karyawan bisa lebih mendapatkan inspirasi dan ide baru.
Sehingga motivasi kerja mereka juga akan semakin meningkat.
BACA JUGA : Kenapa Strategi Komunikasi dibutuhkan Dalam Berbisnis?
3. Menjaga Komunikasi Antar Divisi
Adanya komunikasi bisnis tentu bisa membantu menjaga komunikasi yang terjadi antar divisi pekerjaan.
Proses menyampaikan informasi dan brainstorming juga akan menjadi lebih jelas.
4. Membantu Mengembangkan Bisnis
Hal ini karena setiap karyawan dan juga setiap divisi telah memperoleh informasi dan tujuan yang jelas.
Sehingga, mereka bisa langsung melakukan tugasnya sesuai dengan informasi yang diperoleh dari penerapan komunikasi bisnis yang dilakukan dengan baik.
5. Melakukan Efisiensi Waktu
Mungkin ada banyak sekali waktu yang terbuang dari interaksi yang berlangsung dengan tidak efektif.
Maka dari itu, Anda harus melakukan komunikasi ini untuk melakukan efisiensi waktu sehingga karyawan juga menjadi lebih produktif.