Apa Itu Market Research? - maxx99 - Digital Agency
Marketing

Apa Itu Market Research?

Apa itu Market Research

Apa Itu Market Research – Market research merupakan merencanakan, mengumpulkan data, dan analisis data yang dijalankan secara teratur oleh perusahaan mengenai layak atau tidaknya produk yang akan dipasarkan. Terdapat dua jenis market research yang perlu di ketahui, diantaranya internal research dan external research. Internal research merupakan kegiatan menganalisis yang semua langkahnya dijalankan oleh para tim internal perusahaan.

Apa Itu Customer Market ?

Customer market merupakan orang yang berkemampuan dan menjadi sebuah tujuan untuk memasarkan produk, lalu siapa yang akan memerlukan produk Anda?, apa nilai yang disediakan sebuah produk?, dan manfaatnya apa produk bagi konsumen?.

Manfaatnya yaitu mengetahui pasar konsumen yaitu mempermudah perencanaan konten promosi, dan bisa mengatur biaya untuk tempat pemasaran dengan efektif. Anda juga dapat mempersiapkan persaingan dengan para pesaing lewat meluncurnya produk yang sifatnya tidak dimiliki pesaing.

Bagaimana Menentukan Target Market?

1. Membuat Anggapan

Membuat anggapan artinya Anda harus bisa memprediksi target dari produk yang akan di buat, tapi apabila Anda telah mempunyai produk, anda hanya perlu menentukan target pasar. 

2. Melakukan Analisis Pesaing

Jika mengetahui apa yang dijalankan pesaing, Anda tentu dapat mempromosikan dan mengembangkan sebuah menggunakan cara yang lebih efektif. Bukan itu saja, mencari tahu penyebab konsumen lebih memilih menggunakan produk Anda daripada produk pesaing. 

Baca Juga : Yukk, Kenali Multichannel Marketing Untuk Menjangkau Audiens

3. Menjalin Interaksi dengan Konsumen

Melakukan bisnis dalam era digital saat ini tidak lagi dapat dijalankan hanya dengan satu arah, tapi harus melakukan komunikasi dua arah. Artinya, Anda harus mulai menciptakan interaksi dengan konsumen, caranya dapat bertanya secara langsung agar mengetahui keperluan konsumen Anda.

4. Menganalisis Hasil Menggunakan Tools Analytic

Strategi apa saja yang bisa di lakukan, hasil akhirnya harus bisa dianalisis agar mengetahui apa strateginya efektif dan dapat menjangkau target yang telah dituju atau tidak. Untuk menjalankan analisis, Anda dapat memanfaatkan tools analytic agar mengetahui target market, seperti menggunakan Google Trend.

5. Membuat Buyer Persona

Arti membuat buyer persona merupakan perwakilan konsumen. Anda dapat menggambarkan bagaimana calon konsumen sesuai ciri fisik, demografi, serta berbagai aspek lain. Menciptakan buyer persona yang sesuai dengan jenis kelamin, gaya hidup, dan usia. Menciptakan buyer personal serta menambah data yang lebih penting akan membuat Anda dapat mulai mengetahui dan menentukan target konsumen yang lebih potensial. 

Back To Top