Apa Itu Marketing Communication? – Marketing communication merupakan sebuah istilah untuk menyusun sebuah strategi marketing bagi bisnis Anda.
Bahkan, sudah menjadi hal yang harus dikuasai oleh para pemasar.
Strategi ini bisa menjadi sebuah representasi suara dari sebuah perusahaan dan brand Anda.
Bahkan menjalin hubungan dan melakukan komunikasi dengan para pelanggan atau stakeholder lain.
Apa Itu Marketing Communication?
Marketing communication merupakan berbagai jenis pesan dan media yang disampaikan perusahaan untuk melakukan komunikasi dengan pasar dan juga stakeholder.
Selain itu, bentuk komunikasinya juga bermacam-macam.
Pentingnya bagi Bisnis
Beberapa hal yang menjadikan hal ini penting bagi bisnis dan brand Anda.
Yang pertama yaitu, marketing communication dapat menjadi cara bagi Anda untuk membangun brand awareness dimasyarakat.
Hal ini bermanfaat bagi sebuah perusahaan baru atau yang sudah lama berdiri.
Poin kedua yaitu, strategi ini mempunyai peran penting untuk mengubah persepsi masyarakat.
Hal ini dibutuhkan karena mungkin terkadang ada kesalahpahaman yang terjadi di masyarakat.
Bahkan mengenai sebuah produk atau jasa dari sebuah perusahaan ataupun saat menghadapi krisis.
Ketiga, marketing communication dijadikan sebuah cara untuk memotivasi para konsumen untuk melakukan pembelian kembali.
Biasanya hal ini dilakukan melalui iklan persuasif yang berfokus untuk memberi perhatian lebih.
Hingga manfaat yang lebih besar terhadap produk atau jasa yang dipasarkan daripada para kompetitor.
Beberapa hal tersebut merupakan alasan mengapa hal ini penting bagi bisnis Anda.
BACA JUGA : Mengapa Communication Marketing Penting Dalam Bisnis?
Strategi yang Bisa Dilakukan
Mengenal Target Audiens
Anda harus mengenal target audiens, melakukan penelitian tentang segmentasi pasar, memahami dari sisi geografis, demografis, psikografis, serta sosiokultural.
Menentukan USP
Anda harus menentukan unique selling point (USP), supaya bisa memastikan produk Anda berbeda dari kompetitor.
Salah satu caranya yaitu dengan melakukan riset kompetitor.
Pesan Brand Konsisten
Menurut Economic Discussion, kini pasar merupakan sebuah ruang yang ramai dengan berbagai media pemasaran yang berbeda.
Pastikan berbagai pesan yang Anda berikan selaras dan konsisten agar lebih mudah diingat.
Menyesuaikan Gaya dan Bahasa Komunikasi
Strategi selanjutnya yaitu menggunakan bahasa dan gaya komunikasi konsumen yang Anda targetkan.
Pastikan pesan Anda sesuai dengan kebutuhan mereka.
Menggunakan Media Marketing yang Tepat
Anda harus menggunakan media marketing yang sesuai dengan segmen pelanggan Anda.
Untuk bisnis baru, ada banyak pilihan media pemasaran yang dapat digunakan.