Apa Itu Mass Marketing? Inilah Manfaatnya untuk Bisnis - maxx99 - Digital Agency
Marketing

Apa Itu Mass Marketing? Inilah Manfaatnya untuk Bisnis

Apa itu Mass Marketing

Apa itu Mass Marketing – Strategi mass marketing dimanfaatkan untuk menjangkau pasar yang luas, tanpa melihat perbedaan para pelanggan. Pelanggan dianggap homogen. Perbedaan yang ada di antara para pelanggan dianggap tidak penting.

Apa Itu Mass Marketing?

Mass marketing atau pemasaran massal yaitu strategi pasar tujuannya untuk menarik sebagian dari pasar dan tidak mempedulikan perbedaan pelanggan. Sasaran utamanya, untuk menjangkau jumlah konsumen yang berpotensi tinggi.

Mass marketing fokus terhadap stategi penjualan yang tinggi di titik harga yang rendah. Penjualan dijalankan secara tradisional, memanfaatkan radio, televisi, serta media cetak untuk memperoleh popularitas produk yang optimal.

Baca Juga : Ketahui Remarketing yang Digunakan Dalam Bisnis

Proses pemasaran dengan jangkauan pasar yang besar adalah sebuah kebalikan dari niche marketing. Pemasaran massal sangat efektif apabila dimanfaatkan untuk beriklan sebuah produk yang dinilai sebagai keperluan yang telah terjamin dibeli oleh para konsumen.

Jika membangun kesadaran merk lewat iklan yang menarik, pemasaran massal tujunnya untuk merubah Tindakan pelanggan. Pelanggan akan ditujukan terhadap produk yang dijual.

Produk yang dijual juga diperlukan oleh pasar yang besar dan menjualnya dengan harga yang mempertimbangkan kompetitor pasar.

Mass marketing bisa meningkatkan penjualan yang tinggi dan menghemat biaya produksi lewat produksi massal.

Mass marketing adalah sebuah strategi untuk menjual berbagai produk. Tidak sesuai apabila strategi inidimanfaatkan untuk menjual produk yang segmen pasarnya tertentu. Maka produk akan hilang nilainya.

Manfaat Mass Marketing bagi Bisnis

1. Konsumen Potensial yang Lebih Banyak

Perusahaan menargetkan pelanggan yang jumlahnya banyak menggunakan mass marketing. Segmen pasar berbeda tidak dipedulikan. Maka dari itu, konsumen potensial juga bisa saja berjumlah banyak.

2. Biaya Produksi Ekonomi Tinggi

Hasil penjualan yang tinggi bisa membuat perusahaan mendapatkan biaya produksi ekonomi lebih tinggi. Jadi perusahaan akan dapat menikmati biaya produksi dengan lebih rendah.

3. Hasil Penjualan yang Tinggi

Karena perusahaan memasarkan berbagai produk yang berbeda, konsumen potensial akan seperti sejmlah orang dalam pasar. Dengan begitu, perusahaan akan mendapat hasil penjualan lebih tinggi.

4. Kurangnya Rentan pada Perubahan Keinginan

Saat penjual memasarkan produk dan tidak mempedulikan perbedaan selera setiap pelanggan. Maka tiap perubahan keinginan membeli atau selera pelanggan tidak berpengaruh penting pada penjualan.

5. Hemat Biaya Pemasaran

Penjualan akan memanfaatkan pendekatan “satu untuk semua”.

Back To Top