Apa Itu Meme Marketing? – Saat ini, strategi pemasaran tidak harus dilakukan terlalu serius.
Anda bisa memanfaatkan meme marketing untuk melakukan promosi yang lebih santai dan juga menghibur.
Selain itu, untuk meningkatkan penjualan, ada banyak strategi promosi yang dapat diterapkan.
Biasanya kebanyakan menggunakan jaringan internet atau melakukan promosi secara digital.
Kini, ada strategi meme marketing, tapi strategi ini terdengar asing.
Tapi, mungkin anda tidak menyangka bahwa strategi promosi ini sebenarnya sering anda lihat dalam sosial media.
Meme marketing ini terbukti bisa mempengaruhi emosi audiens.
Itu karena strategi ini bisa dijadikan konten hiburan untuk audiens. Jadi, apakah anda mengetahui apa itu meme marketing?
Apa Itu Meme Marketing?
Meme marketing merupakan penerapan meme untuk melakukan promosi produk.
Strategi ini adalah cara yang menyenangkan dan lebih hemat biaya untuk terkait dengan audiens dan meningkatkan keterlibatan audiens pada bisnis.
Meme bisa berupa berbagai jenis format media, seperti GIF, video, teks, maupun gambar.
Strategi yang berhasil akan tersebar dengan cepat dalam sosial media. Setiap hari, pasti anda sering melihat meme dan konten hiburan.
Konten humor biasanya selalu disukai dan cepat dibagikan oleh audiens.
Itulah mengapa banyak bisnis yang menggunakan meme untuk marketing. Konten pemasaran yang menghibur akan lebih mudah diterima oleh audiens.
Selain itu, hal ini juga dapat dijadikan alat pemersatu. Setiap postingan meme, biasanya akan banyak komentar dari pengguna.
Keuntungan Menerapkan Strategi Ini
1. Biaya yang lebih murah.
2. Media pemasaran yang efektif.
3. Mewakili emosi dari audiens.
4. Meningkatkan feedback dengan cepat.
BACA JUGA : Cara Membuat Content Marketing Yang Efektif bagi Bisnis
Cara Membuat Meme Marketing
1. Identifikasi Merk
Konten meme marketing yang anda buat harus memperlihatkan nilai utama dari brand supaya pesan bisa tersampaikan dengan baik pada target audiens.
2. Lebih Universal
Apabila audiens tidak dapat memahami isi meme, mungkin mereka tidak akan tertarik pada bisnis anda.
Jadi, anda harus membuat meme yang universal supaya lebih mudah untuk dipahami oleh audiens.
3. Memanfaatkan Persona Audiens
Ketika membuat meme, anda harus menyelaraskannya dengan karakteristik dari target audiens.
4. Memaksimalkan Meme yang Viral
Dalam jangka waktu tertentu, pasti akan selalu hadir meme baru yang sedang viral.
Oleh karena itu, anda harus mengetahui tren apa yang saat ini sedang terkenal di sosial media.