Apa Itu Mobile Marketing? - maxx99 - Digital Agency
Marketing

Apa Itu Mobile Marketing?

Apa Itu Mobile Marketing

Apa Itu Mobile Marketing – Mobile marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang begitu populer di era digital saat ini.

Kini, istilah mobile sudah sering didengar seiring dengan banyaknya masyarakat yang menggunakan gadget.

Cara memasarkan produk juga mungkin akan semakin efektif jika amda menerapkan strategi yang satu ini.

Apa Itu Mobile Marketing?

Sesuai dengan namanya, mobile marketing atau pemasaran seluler merupakan strategi pemasaran produk dengan menggunakan perangkat seluler, seperti smartphone atau tablet.

Target dari strategi mobile marketing ini juga para pengguna perangkat tersebut.

kegiatan pemasarannya dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai fitur yang tersedia dalam smartphone, dimulai dari SMS atau notifikasi pesan.

Selain itu, pemasaran ini juga menggunakan teknologi seperti lokasi pengguna perangkat seluler.

Oleh karena itu, pebisnis bisa memasang campaign mereka sesuai dengan target lokasi pengguna.

Pengguna perangkat yang ditargetkan tidak harus terus terhubung ke internet, karena tersedia fitur SMS sebagai pilihan untuk memasarkan produk mereka.

Perlu diketahui bahwa target audiens ini dikelompokkan berdasarkan behavior mereka, bukan dari faktor demografis seperti usia dan jenis kelamin.

BACA JUGA : Manfaat Mobile Marketing bagi Bisnis Anda

Cara Kerja Mobile Marketing

Cara kerjanya juga sama, yaitu memasang iklan atau campaign dalam hampir semua perangkat mobile.

Perbedaannya, pemasaran seluler harus memperhatikan format dari iklannya, dimulai dari ukuran hingga isinya.

Iklan yang dipasang juga harus sesuai dengan ukuran mobile-nya, sehingga tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil ketika dilihat.

Meskipun kini sudah jarang digunakan, SMS dapat dijadikan media pemasaran melalui perangkat seluler dengan mengirimkan pesan seperti promosi.

Selain itu, bisa juga iklan yang muncul ketika melakukan operasi aplikasi atau games.

Sehingga, pebisnis masih bisa memasarkan produknya meski aplikasi yang akan dijangkau tidak menggunakan fitur push notification.

Mobile advertising akan menjangkau targetnya berdasarkan behavior yang dilakukan oleh pengguna.

Mungkin pengguna gadget biasanya mengecek pesan yang masuk maupun menikmati hiburan dalam sebuah aplikasi tertentu.

Dari situlah, algoritma bekerja, jadi campaign bisa tampil dalam aplikasi yang mereka gunakan.

Dari seluruh pemasaran online, mobile marketing ini mungkin menjadi unggulan karena mudah untuk digunakan.

Untuk melakukan strategi ini, anda tidak membutuhkan teknologi yang terlalu canggih dan skill yang besar.

Selain itu, metrik dan tingkat kesuksesan campaign mudah diukur, sehingga mengevaluasi hasil juga dapat dilakukan dengan mudah.

Back To Top