Apa itu Niche Market? Dan Apa Manfaatnya? - maxx99 - Digital Agency
Marketing

Apa itu Niche Market? Dan Apa Manfaatnya?

Apa Itu Niche Market

Apa Itu Niche Market – Agar meperoleh keuntungan yang besar dari dibangunnya sebuah bisnis, para pemiliki bisnis memiliki berbagai strategi yang bisa digunakan, salah satu strateginya yaitu dengan menggunakan niche market.

Apa Itu Niche Market?

Dikutip dari google, niche market merupakan sebuah bagian dari suatu industri yang target pasarnya adalah pelanggan yang lebih umum. Dengan target pasar tersebut, para pebisnis bisa menjalankan penjualan produk dan layanan yang telah disediakan.

Strategi ini cukup penting untuk dijadikan bahan pertimbangan Ketika akan merintis bisnis saat ini, dan juga persaingan yang semakin ketat. Memilih target pasar yang lebih umum tentu akan membantu memperoleh keuntungan lebih besar daripada harus langsung terjun kepada target pasar yang lebih luas. Karena, nantinya bisa saja pebisnis tidak dapat menjual produk dan layanannya pada pelanggan.

Apa Manfaat Niche Market?

1. Persaingan bisnis yang tak begitu ketat

Ketika sudah menentukan niche market, bisa saja persaingan biasanya tidak terlalu ketat.

2. berfokus pada bisnis

Manfaat dari menentukan niche market yaitu kamu dapat lebih fokus terhadap bisnis. Karena, target pasar dan pelanggan yang nantinya di hadapi telah jelas. Jadi kamu hanya cukup mengembangkan lagi berbagai produk untuk memenuhi keperluan para pelanggan.

Baca Juga : Apa Itu Mass Marketing? Inilah Manfaatnya untuk Bisnis

3. Lebih mudah dikenal

Sebuah bisnis yang memanfaatkan niche market mungkin bisa lebih mudah dikenal oleh para pelanggan. Mengapa ? Karena, jumlah pesaingmu biasanya sedikit. Berbeda lagi jika jumlah pesaingmu banyak.

Apa Perbedaan Niche Market dan Mass Market?

Niche market:
  • Target pasar yang umum, biasanya membuthukan marketer untuk menentukan latar belakang pelanggan.
  • Pelanggan yang homogen dan mempunyai keinginan untuk menggunakan produk pada waktu yang lama.
  • Menjalankan intensive marketing lewat internet maupun majalah.
  • Memanfaatkan penghubung yang biasanya lebih murah seperti websitecontent marketing, serta email untuk iklan produk.
  • Modifikasi produk yang tidak terlalu banyak.
  • Persaingan lebih sedikit karena tidak begitu banyak pesaing.
Mass market:
  • Target pasar yang sangat luas, jadi melihat latar belakang pelanggan tidak begitu signifikan.
  • Pelanggan yang bermacam-macam dan selalu berubah.
  • Menjalankan extensive marketing menggunakan media massa seperti televisi.
  • Memanfaatkan penghubung biasanya yang lebih mahal seperti iklan pada televisi dan media lain.
  • Modifikasi produk yang sangat banyak.
  • Persaingan yang tinggi karena banyaknya pesaing pasar.
Back To Top