Apa Itu Online Marketing dan Offline Marketing? Perbedaannya ?
Digital Marketing

Apa Itu Online Marketing dan Offline Marketing? Apa Perbedaannya?

Online Marketing vs Offline Marketing

Online Marketing vs Offline Marketing– Kini, banyak pebisnis yang melakukan berbagai cara untuk mengembangkan bisnissalah satunya dengan menggunakan marketing online atau offline.

Apa Itu Online Marketing dan Offline Marketing?

1. Marketing online

Marketing online merupakan berbagai cara yang dilakukan oleh pebisnis untuk menjangkau konsumen melalui internet. Bukan hanya untuk menjangkau konsumen, strategi ini juga tujuannya untuk menyampaikan pesan tentang produk.

2. Marketing offline

Marketing offline merupakan aktivitas pemasaran yang tidak melibatkan dengan yang sudah digunakan oleh marketing online. Strategi bisnis ini tidak menggunakan internet untuk menjangkau pasar.

Perbedaan Online Marketing vs Offline Marketing

1. Media yang dipakai

Marketing online biasanya memanfaatkan media online, termasuk media sosial, media online, dan lainnya.

Baca Juga : Cara Memilih Channel Online Marketing yang Tepat!

2. Jangkauan penggunanya

Marketing offline biasanya jangkauannya hanya di area tertentu. Walaupun marketing offline kini tidak begitu populer, tapi masih banyak yang memanfaatkannya karena memberi pengaruh yang besar.

Kelebihan dan Kekurangan Online Marketing vs Offline Marketing

Marketing Online

Kelebihannya:
  • Mengeluarkan biaya pemasaran yang tidak begitu besar.
  • Pemasaran tanpa adanya batas secara geografis.
  • Bisa menjangkau pasar yang lebih luas
  • Target pasar bisa tepat sasaran.
  • Pemasaran bisa dijalankan selama 24 jam.
  • Pemasaran bisa dijalankan dengan fleksibel.
Kekurangannya:
  • Tidak dapat melakukan demo produk secara langsung.
  • Apabila koneksi internet buruk, maka pemasaran maka tak dapat dilakukan.
  • Pelanggan biasanya kurang percaya
  • Kurang untuk menjelaskan produk dengan lebih rinci.
  • Biasanya sering terjadi kesalahan karena urangnya pemahaman teknologi.
  • Belum banyak orang bisa menggunakan internet.

Marketing Offline

Kelebihannya:
  • Kepercayaan yang tinggi
  • Tidak rentan terjadinya penipuan.
  • Melayani pelanggan dengan mudah.
  • Penjualnya dapat menjelaskan secara lebih rinci mengenai produk yang dijual.
  • Lebih mudah berinteraksi dengan pelanggan.
  • Mudah terlihat di tempat umum yang banyak sekali dilewati pelanggan.
  • Masih banyak pelanggan yang lebih senang belanja secara offline.
Kekurangannya:
  • Mengeluarkan biaya pemasaran yang besar.
  • Pemasaran terbatas secara geografis.
  • Jangkauan pasar yang tidak begitu luas.
  • Target pasar yang kurang tepat sasaran.
  • Pemasaran hanya dapat dijalankan di waktu tertentu
  • Membutuhkan biaya tambahan untuk perjalanan jika harus memasarkan produk di tempat lain.
  • Kurang fleksibel

 Kedua strategi tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri, jadi keduanya cukup efektif untuk dimanfaatkan dalam strategi marketing perusahaan maupun pebisnis.Online Marketing

Back To Top