Apa Itu Pay Per Click (PPC)? – Pada proses online marketing, PPC merupakan salah satu strategi yang banyak digunakan oleh para pebisnis untuk mengiklankan produk mereka.
Jenis iklan ini dianggap lebih praktis, kreatif dan juga ekonomis dalam era digital seperti saat ini.
Kini, sebagian besar masyarakat sudah terhubung dengan internet dan sosial media.
Sehingga tidak heran jika strategi ini bisa menjangkau target audiens dimana saja.
Apa Itu Pay Per Click (PPC)?
Pay Per Click merupakan sebuah terobosan baru dari strategi marketing diinternet dengan pengiklan yang hanya harus membayar saat iklan anda diklik oleh audiens.
PPC merupakan cara yang cepat untuk meningkatkan engagement yang tinggi pada iklan produk yang anda pasarkan.
Iklan ini merupakan sebuah metode yang cukup terjangkau untuk para pebisnis.
Karena anda hanya harus membayar pada pengiklan jika iklan anda sudah berhasil diklik oleh audiens.
Jenis-Jenisnya
1. Search Ads
Atau yang biasa dikenal dengan Search Engine Result Page (SERP). Anda bisa menemukan jenis PPC ini pada Google, Bing, atau search engine lain.
Bentuk dari iklan ini biasanya tidak menonjolkan visual, tapi hanya menampilkan tulisan seperti teks dengan tanda Ad kecil disampingnya.
2. Sosial Ads
Jenis ini tidak berbeda jauh dengan Search Ads, namun iklan ini akan ditampilkan dalam platform sosial media, seperti Instagram, Tiktok, Facebook, dan lainnya.
BACA JUGA : Mengapa Harus Menggunakan PPC?
3. Gmail Sponsored Promotion
Jenis lain dari iklan pemasaran yang bisa memudahkan anda untuk menjangkau berbagai platform yaitu dengan Gmail Sponsored Promotion.
Bahkan anda bisa melakukan iklan PPC melalui Gmail, dimana nantinya iklan tersebut akan dikirimkan kepada audiens dengan tagar Ad sebagai penanda.
4. Remarketing Ads
Remarketing Ads merupakan sebuah platform yang akan menawarkan iklan anda pada audiens yang telah berkunjung pada website anda sebelumnya.
Akan tetapi, mereka belum melakukan pembelian karena membandingkan produk anda dengan produk yang lain.
Hal ini dianggap cukup efektif untuk menargetkan audiens yang merasa tertarik pada website anda.
5. Display Ads
Display Ads merupakan pengiklanan dalam website mitra milik Google. Anda juga bisa menambahkan teks dan foto yang sesuai dengan ketentuannya.
Kelebihannya yaitu, iklan ini hanya bisa ditampilkan kepada audiens yang telah berkunjung pada website anda dengan iklan yang anda tawarkan.