Apa Itu Personal Selling? - maxx99 - Digital Agency
Marketing

Apa Itu Personal Selling?

Apa itu Personal Selling

Apa itu Personal Selling – Personal selling termasuk promotion mix seperti advertising, sales promotion, serta publicity. Pada strategi ini, pemasaran dijalankan dengan menciptakan jalinan interaksi yang sifatnya meyakinkan supaya bisa menarik para pelanggan untuk melakukan pembelian.

Jenis-jenis Personal Selling

  • Field Selling, adalah cara penjual untuk melakukan penjualan diluar lingkungan perusahaan dan menemui pelanggan dari rumah kerumah lainnya maupun dari perusahaan keperusahaan yang lain.
  • Retail Selling, adalah penjual yang menjalankan penjualan dengan melayani pelanggan yang berkunjung langsung keperusahaan.
  • Executive Selling, adalah interaksi yang dijalankan oleh pemilik perusahaan dengan pemilik perusahaan lain maupun dengan pemerintah.

Tujuan dari Personal Selling

  • Menciptakan kesadaran merk dan produk dengan mengajak pelanggan mengenai produk perusahaan dan fungsinya.
  • Meningkatkan penghasilan dengan memantau dan mengedukasi pelanggan untuk melakukan pembelian produk.
  • Menjalin interaksi jangka panjang yang kuat dengan pelanggan karena sudah menjalin interaksi yang bersifat dua arah.
  • Menjaga kesetiaan pelanggan yaitu dengan memberikan layanan yang baik
  • Membantu pelanggan dengan menyampaikan informasi terkait produk dengan lebih detail.
  • Membuat pelanggan menawar dengan membantu pelanggan saat proses mebuat keputusan dan mengarahkan pelanggan pada penawaran produk.
  • Meningkatkan merk dengan menjalin interaksi jangka panjang antar pelanggan dari masa ke masa.
  • Membantu meningkatkan penjualan produk dengan memberikan pesan produk.
  • Memperoleh informasi pasar.

Cara Melakukan Personal Selling

1. Memperlakukan Pelanggan Dengan Manusiawi

Saat anda melakukan penjualan dari para pelanggan secara langsung, dan memastikan untuk melayani pelanggan dengan baik.

2. Boleh Bercanda Tapi Jangan Berlebihan

Supaya Memperlihatkan kedekatan dari penjual dan pelanggan, anda juga bisa membuat candaan saat ditengah melakukan penawaran.  Sedikit humor bisa membantu untuk menyenangkan suasana dan membuat hubungan yang lebih dekat. Dengan demikian, saat interaksi dengan penjual dan pelanggan bisa berjalan lancar. Gunakanlah sedikit candaan ditengah pembicaraan dan mengajak pelanggan supaya membeli produk.

3. Interaksi Secara Efektif

Ketika berinteraksi dengan pelanggan, maka harus melakukan interaksi secara efektif, dan juga anda bisa memberi tips untuk membantu pelanggan utntuk merawat kulit wajah. Interaksi bersifat dua arah ini cukup efektif untuk menarik prhatian konsumen. Maka, harus bisa melakukan interaksi secara efektif dengan para pelanggan. Interaksi harus disesuaikan dengan produk yang sedang di tawarkan. Dengan demikian, anda bisa dengan mudah menarik perhatian pelanggan supaya melakukan pembelian.

Baca Juga : Tahapan Penting Dalam Marketing Funnel
Back To Top