Apa Itu Product Branding? – Product branding merupakan hal yang penting dan sangat berpengaruh dalam branding.
Dengan product branding, Anda bisa memberikan identitas pada produk yang anda jual.
Bahkan untuk menarik konsumen dan membuatnya kembali membeli produk tersebut.
Apa Itu Product Branding?
Product branding merupakan penerapan prinsip strategi branding dalam sebuah produk.
Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengaitkan berbagai hal pada sebuah produk untuk menmbangun sebuah identitas yang mudah dikenali oleh pelanggan.
Apapun jenis produknya, ide utama dari hal ini akan tetap sama.
Salah satunya yaitu bisa menonjol di tengah banyaknya produk yang sama dan memberikan pelanggan alasan untuk melakukan pembelian produk tersebut.
Identitas produk bisa terbangun dengan mengkombinasikan banyak komponen.
Dimana semuanya akan bersatu untuk membangun hubungan emosional untuk konsumen.
BACA JUGA : Pentingnya Foto Produk untuk Meningkatkan Penjualan
Keuntungannya
1. Lebih Mudah untuk Dikenali
Mungkin sama dengan branding yang lain, tapi tujuan utama dari product branding yaitu untuk menjadikan produk tersebut menonjol dipasaran.
Dengan demikian, pelanggan akan lebih mudah mengenal produk tersebut dan mempunyai alasan untuk melakukan pembelian.
Selain itu, bukan hanya mudah dikenali, tapi juga akan semakin banyak keuntungan yang diperoleh.
2. Meningkatkan Penjualan
Product branding yang baik bisa meningkatkan brand awareness yang baik juga.
Brand awareness memiliki peran penting untuk preferensi pelanggan.
Tentunya mereka akan lebih memilih untuk membeli produk yang telah dikenali sebelumnya dibandingkan produk yang asing.
Saat Anda sukses membangun identitas produk yang unik dan menarik, penjualan produk juga akan meningkat secara signifikan.
3. Mempemudah Proses Ekspansi Bisnis
Mempunyai sebuah merek yang telah dikenal dan disukai oleh banyak orang bisa mempermudah bisnis untuk berekspansi ke pasar atau kategori produk yang baru.
Bahkan bisa juga memperkenalkan brand baru dari perusahaan yang sama.
Hal ini yang telah terbangun bisa menciptakan kepercayaan instan pada produk baru dan mendorong pelanggan untuk mencobanya.
4. Bisa Bersaing di Pasar
Product branding yang kuat bisa menjadikan perusahaan dan produk bisa bersaing dengan lebih kompetitif di pasaran.
Identitas produk yang kuat juga bisa mencegah perusahaan lain untuk memasuki nicher pasar Anda.
Hal ini juga bisa membangun penghalang yang lebih tinggi pada perusahaan lain untuk masuk.
Apalagi jika para pelanggan menunjukkan ketertarikan yang kuat pada brand Anda.