Apa Itu Segmentasi Pasar? Ini Tujuan dan Manfaatnya – Segmentasi pasar ini penting untuk bisnis yang ingin meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketika menargetkan pasar.
Segmentasi pasar membantu bisnis untuk mengidentifikasi kelompok pelanggan yang mempunyai kebutuhan atau ketertarikan yang sama.
Dengan begitu, anda bisa menjangkau pasar dengan efektif dan meningkatkan penjualan bisnis.
Apa Itu Segmentasi Pasar?
Segmentasi pasar adalah sebuah strategi yang digunakan untuk menempatkan target audiens.
Hal tersebut akan berdasarkan karakteristik, kebutuhan, hingga kebiasaan mereka.
Strategi ini bisa membantu perusahaan untuk mengenal pelanggan yang tepat bagi bisnis dan menjangkau pasar dengan lebih efektif.
Sehingga nantinya akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemasaran hingga mendapatkan hasil yang maksimal.
Tujuannya
1. Mengetahui Kebutuhan Pelanggan yang Tidak Terpenuhi
Dengan segmentasi pasar, perusahaan bisa mengidentifikasi pelanggan yang kebutuhannya tidak terpenuhi oleh produk atau layanan lain.
Hal tersebut tentu bisa meningkatkan peluang anda untuk menawarkan bisnis anda pada mereka.
2. Meningkatkan Efektivitas Pemasaran
Menentukan pasar yang tepat bisa membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi pemasaran serta menghemat biaya promosi.
3. Meningkatkan Penjualan
Segmentasi pasar bisa membantu anda untuk berfokus terhadap pasar yang berpotensi membeli produk atau jasa yang dipasarkan.
Sehingga, hal tersebut bisa meningkatkan penjualan.
4. Memahami Pelanggan dengan Baik
Segmentasi pasar memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi kelompok pelanggan yang berbeda.
Selain itu, bisa juga mengembangkan bisnis anda yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
5. Membedakan Produk dari Kompetitor
Segmentasi pasar membantu perusahaan untuk membuat produk yang dibuat khusus untuk kelompok pelanggan tertentu.
Dengan begitu, hal tersebut akan membedakannya dari produk atau layanan pesaing dan meningkatkan daya saing.
BACA JUGA : Apa Itu Target Konsumen?
Manfaatnya
1. Ide Pemasaran Menjadi Terarah
Segmentasi pasar bisa membuat ide pemasaran lebih terarah karena bisa memberikan informasi pelanggan yang akan melakukan pembelian.
Dengan informasi tersebut, perusahaan bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan data pelanggan.
2. Lebih Mudah Mengatur Produk
Hal ini membantu pemasaran menjadi lebih efektif dan efisien karena peluang produk untuk terjual akan meningkat.
3. Memperoleh Perbandingan Antar Pasar
Dengan segmentasi pasar artinya perusahaan telah memahami karakteristik, daya beli, preferensi pemasaran, hingga kebutuhan konsumen.
Karena pelanggan mempunyai ukuran yang berbeda, perusahaan bisa melakukan perbandingan antar pasar dengan cara mengelompokkan pelanggan.