Apa itu Social Advertising? - maxx99 - Digital Agency
Digital Marketing

Apa itu Social Advertising?

Apa itu Social Advertising?

Apa itu Social Advertising? – Social advertising merupakan salah satu bentuk iklan yang mengandalkan platform media sosial.

Begitu cepatnya infromasi saat ini membuat pesan sulit untuk diperhatikan, terutama dalam media sosial.

Media sosial menjadi tempat terbaik untuk mempromosikan produk, tapi tempat tersulit juga untuk mendapat perhatian.

Perhatian pengguna yang jumlahnya jutaan adalah hal yang sangat langka.

Anda harus kreatif ketika membuat konten untuk mendapat perhatian audiens.

Iklan media sosial sangat berpengaruh karena Anda bisa menyampaikan kepada audiens yang menjadi target Anda.

Apa itu Social Advertising?

social advertising merupakan proses untuk membuat dan membagikan iklan yang bisa diklik untuk menjangkau target audiens.

Dengan ini, Anda bisa menjangkau audiens melalui platform media sosial.

Bukan hanya media sosial, social advertising dapat dijalankan dalam aplikasi perpesanan, umpan berita, hingga aplikasi dan situs web luar negeri.

Hal ini dilakukan dengan berbagai tujuan, seperti untuk membangun brand awareness, menghasilkan prospek, dan meningkatkan penjualan.

Kelebihan dari iklan ini yaitu meningkatkan engagement dan konversi.

Saat memasang iklan di media sosial, Anda bisa menentukan siapa yang dapat melihatnya.

Media sosial menyimpan semua database pengguna, sampai ke informasi spesifik seperti kesukaan pengguna dan tindakannya saat menggunakan platform ini.

Hal ini bisa diketahui dari tagar atau kata kunci apa yang dicari pengguna, akun siapa saja yang diikuti, unggahan apa yang disukai atau disimpan, dan lain-lain.

BACA JUGA : Apa Itu Social Media Advertising?

Tips Menjalankannya

1. Memilih Platform yang Sesuai

Terdapat banyak pilihan platform di luar sana dan tentunya tidak perlu Anda gunakan semuanya.

Pilihlah satu dari beberapa yang paling sesuai dengan tujuan social advertising yang Anda tetapkan.

2. Menentukan Budget Iklan

Ketika melakukan social advertising, Anda harus menentukan model pembayaran iklan. Apakah cost per impression (CPM), cost per clik (CPC), atau model lain.

3. Menyiapkan Materi Iklan

Saat melakukan social advertising, Anda sudah harus merancang dan mematangkan konsep iklan terlebih dahulu.

Ada banyak aspek teknis yang harus menjadi perhatian, dimulai dari logo, desain, warna, font, dan lain-lain.

4. Memilih Jenis Iklan

Untuk memilih jenis iklan yang paling sesuai, pertama Anda harus mengetahui apa tujuan pemasaran Anda.

Social advertising merupakan bentuk periklanan yang bisa Anda lakukan di platform media sosial dan mempunyai banyak sekali manfaat.

Back To Top