Apa Itu Social Media Advertising? – Social media advertising adalah salah satu jenis iklan online atau online advertising.
Ada juga jenis online advertising lain seperti social media marketing.
Tapi, penggunaan iklan pada social media lebih banyak digunakan dibandingkan jenis lain.
Hal ini karena pengguna aktif social media semakin bertambah.
Apa Itu Social Media Advertising?
Iklan sosial media atau social media advertising merupakan strategi marketing yang membantu Anda untuk melakukan pemasangan iklan berbayar dalam platform sosial media.
Iklan berbayar ini membantu Anda untuk melakukan promosi konten yang telah dibuat dalam akun social media tertentu untuk menjangkau target audiens yang telah ditentukan.
Promosi yang dilakukan dalam platform ini yang fleksibel menjadikan banyak orang yang menggunakan layanan ini untuk menentukan tujuan yang ingin mereka capai.
Fleksibel yang dimaksud yaitu Anda bisa menyesuaikan seluruh pengaturannya sesuai dengan kebutuhan dalam bisnis Anda.
BACA JUGA : Strategi Promosi Sosial Media untuk Tingkatkan Penjualan
Platform yang Bisa Digunakan
1. Facebook Ads
Dengan banyaknya pengguna diseluruh dunia yang menggunakan layanan iklan Facebook dapat dijadikan salah satu pilihan untuk Anda.
2. Instagram Ads
Penggunaan social media Instagram rasanya tidak harus menjadi pertanyaan lagi.
Dengan banyaknya pengguna global yang lebih dari 1 milyar, tentu Anda bisa menjangkau sebagian dari target pasar yang sangat besar.
3. YouTube Ads
Saat ini banyak sekali pengguna yang menggunakan YouTube untuk strategi marketing mereka.
Hal ini karena media yang bisa dipilih oleh pebisnis bukan hanya satu.
Meski platform ini adalah platform video, namun layanan iklan yang disediakan oleh YouTube menyediakan media lain seperti tulisan, foto atau gambar.
4. Twitter Ads
Pemasangan iklan pada Twitter sering digunakan oleh pebisnis karena sistem pembayarannya yang dikatakan cukup menguntungkan Anda.
Cost Per Interaction (CPI) merupakan sistem yang akan meminta Anda untuk membayar iklan yang sudah ditayangkan hanya ketika ada interaksi dari audiens.
Seperti share, RT, favorite, dan lain-lain.
5. TikTok Ads
Sosial media TikTok masih dikatakan sangat baru dari social media yang lain.
Tapi, jumlah pengguna aktif tidak bisa Anda lihat sebelah mata.
Dengan pengguna aktif sekitar 680 juta orang, Anda bisa memanfaatkan iklan dalam platform TikTok.
Apabila target audiens dari produk Anda adalah generasi Z, maka platform ini cocok untuk Anda memasang iklan.