Apa Itu Tagline? Ini Manfaat dan Jenisnya – Tahukah Anda, bahwa tagline merupakan salah satu hal penting untuk meningkatkan branding bisnis?
Mungkin Anda mengira bahwa tagline hanya kalimat singkat tanpa arti penting.
Padahal, tagline dapat dijadikan tool marketing untuk meningkatkan brand awareness. Hal ini menjadi sangat penting untuk membantu melakukan promosi.
Apa Itu Tagline?
Tagline merupakan kalimat singkat dan mudah untuk diingat dengan tujuan sebuah bisnis. Sebuah tagline yang baik bisa menjelaskan sebuah bisnis dengan tepat.
Biasanya, tagline ditempatkan berdampingan dengan logo dan digunakan untuk membedakan bisnis Anda dengan kompetitor.
Tapi, tagline bukan slogan, seperti yang diketahui banyak orang. Apa perbedaannya?
Tagline dibuat untuk mencerminkan perusahaan atau brand secara keseluruhan.
Sementara itu, slogan adalah kalimat singkat yang digunakan untuk campaign atau mempromosikan sebuah produk.
Manfaatnya bagi Bisnis
1. Mencerminkan Visi dan Misi Bisnis
Penggunaan tagline merupakan cara tepat untuk mencerminkan seperti apa visi dan misi bisnis Anda kepada pelanggan.
2. Memperkuat Identitas Bisnis
Bukan hanya sebagai pembeda, tagline merupakan salah satu cara untuk memperkuat identitas brand.
Hal ini dapat dilakukan dengan cara menciptakan ketertarikan emosional antara bisnis dengan pelanggan.
3. Sebagai Pembeda dengan Kompetitor
Anda tidak mungkin menjalankan bisnis yang sangat berbeda. Karena, akan selalu ada kompetitor dalam niche tersebut.
Tidak masalah, selama terdapat faktor pembeda dengan mereka. Salah satunya yaitu tagline yang menunjukkan strategi bisnis.
BACA JUGA : Perbedaan Slogan dan Tagline yang Harus Diketahui
Jenis-jenis
1. Tagline Imperative
Tagline Imperative adalah kalimat yang mengajak orang untuk melakukan sebuah tindakan yang berkaitan dengan produk atau jasa bisnis Anda.
2. Tagline Superlative
Tagline Superlative merupakan jenis yang menampilkan keunggulan bisnis, namun dengan nada yang lebih berani dan menantang.
Jadi, terkadang terkesan sedikit provokatif.
3. Tagline Deskriptif
Tagline Deskriptif merupakan kalimat yang memberi penjelasan terhadap produk atau jasa Anda.
Biasanya, penjelasan tersebut merupakan kelebihan atau keunikan produk tersebut.
4. Tagline Spesifik
Tagline Spesifik merupakan jenis yang menampilkan keunggulan tertentu dari bisnis Anda.
Namun, dengan nada ynag netral. Bahkan, keunggulan tersebut tidak dimiliki oleh kompetitor Anda.
5. Tagline Provokatif
Tagline Provokatif merupakan kalimat yang berisi ajakan atau tantangan kepada publik.
Tidak jarang tagline jenis ini menggunakan tanda tanya pada akhir kalimat untuk lebih memancing reaksi.