Apa Itu Tagline? Kepoin Yuk! - maxx99 - Digital Agency
Digital Marketing

Apa Itu Tagline? Kepoin Yuk!

Apa Itu Tagline? Kepoin Yuk!

Apa Itu Tagline? Kepoin Yuk! – Kesuksesan strategi marketing perusahaan besar saat ini bukan hanya karena produk atau jasa yang menarik untuk target pasarnya.

Mereka juga menggunkan tagline yang mudah untuk diingat dalam setiap iklan yang dibuat.

Salah satu manfaat dari tagline yaitu untuk meningkatkan konversi penjualan dan brand awareness yang semakin kuat sehingga akan lebih mudah untuk diingat oleh target pasar.

Tagline merupakan salah satu bagian dalam profil bisnis.

Tagline sering digunakan dalam kampanye atau iklan yang dibuat untuk melakukan promosi bisnis.

Tanpa adanya tagline, bisnis akan kesulitan untuk menembus persaingan pasar yang semakin ketat saat ini.

Apa Itu Tagline? Kepoin Yuk!

Tagline merupakan frasa singkat yang digunakan untuk menyampaikan nilai merek (brand value).

Perusahaan memasukan tagline dalam kampanye pemasaran untuk membuat kesan yang lebih mendalam pada pelanggan.

Tagline digunakan untuk memberihu pada pelanggan tentang sebuah merek tanpa harus menyebutkan produk atau jasa yang ditawarkan.

Hal ini adalah salah satu elemen penting karena bisa menarik perhatian konsumen.

Saat pelanggan mendengar tagline sebuah bisnis, mereka akan mendapatkan gambaran yang jelas tentang manfaat produk tersebut.

Hal ini bisa digunakan untuk membedakan sebuah brand dari kompetitornya dengan memberitahukan manfaat yang akan didapatkan.

Tagline juga bisa digunakan untuk memperkuat nilai utama sebuah brand dan memberikan identitas pada perusahaan

Tips Membuatnya

1. Melakukan Identifikasi Tujuan Bisnis

Tagline harus mencerminkan tujuan bisnis Anda. Maka dari itu, pastikan Anda sudah menentukan apa tujuan dari bisnis yang ingin dicapai.

2. Membuat Beberapa Ide Tagline

Setelah mengidentifikasi tujuan bisnis, maka Anda bisa membuat beberapa ide untuk tagline.

Anda dapat mengadakan sesi brainstorming bersama anggota tim lain, khususnya tim marketing.

Tuliskan seluruh ide tagline yang disampaikan.

Pastikan ide tersebut bisa menyampaikan emosi yang ingin dilakukan dari audiens sata mereka mendengar brand atau produk Anda.

Kemudian, hubungkan setiap kata tersebut menjadi sebuah frasa untuk tagline.

BACA JUGA : Perbedaan Slogan dan Tagline yang Harus Diketahui

3. Memilih Tagline Terbaik

Kini, Anda sudah mempunyai beberapa ide frasa yang menarik untuk dijadikan tagline.

Pilih salah satu tagline terbaik dari beberapa ide yang disampaikan.

Caranya, Anda dapat membaca setiap ide tersebut dengan bersuara untuk memperhatikan emosi apa yang ditimbulkan dari audiens.

Anda juga harus meminta pendapat orang lain mengenai frasa yang digunakan. 

Back To Top