Design

Apa Itu UX Research?

UX Research

UX ResearchPada UX design, penelitian merupakan Langkah awal yang harus dilakukan untuk menilai, mengatasi, dan menghindari masalah tentang pengalaman pengguna. Maka dari itu, UX research begitu penting untuk menjalankan bisnis dan tidak dapat dihiraukan oleh desainer. 

Hal tersebut akan memberi pemahaman mengenai target user sampai bisa membuat desain yang sesuai.

Definisi UX Research 

UX research merupakan sebuah penelitian mengenai pengalaman pengguna saat akan menggunakan sebuah produk digital, aplikasi, atau website. Seorang desainer mungkin tidak bisa membuat pengalaman yang menarik untuk pengguna apabila tidak memahami keperluan, keinginan, serta kebiasaan dari para target audiens.

Baca Juga : Perbedaan, UX Designer, UX Researcher, dan UX Writer

Sementara, seseorang yang tugasnya untuk menemukan sebuah informasi dari target audiens mengenai perilaku pengguna yang nantinya akan diamati untuk membuat sebuah desain yang berdasarkan dengan riset yang dilakukan UX researcher. Maka dari itu, perusahaan perlu melakukan sebuah riset sebagai analisis pada pengguna sesuai dengan pengaturan untuk mengembangkan pengetahuan pada proses pembuatan desain UX. 

Proses pada UX Research

Pada umumnya, riset UX dibagi menjadi dua, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Penelitian yang berfokus terhadap hal untuk mengenalkan kepada para pengguna secara langsung, dan mengumpulkan data kemudian membuatnya menjadi sebuah pengetahuan.

Manfaat Research UX Design 

  • Penelitian yang dilakukan bermanfaat untuk menghasilkan sebuah produk, memberi manfaat, dan memberi kemudahan untuk pengguna. 
  • Mengurangi borosnya waktu dan anggaran untuk memperbaiki solusi yang kurang tepat.
  • Meningkatkan kualitas sebuah produk dan mengetahui keinginan pengguna. 
  • Pengguna semakin setia.
  • Meningkatkan kepuasan para pengguna dan membuat citra merk menjadi lebih baik. 

Akibat Jika Tidak Melakukan Riset

UX researchh sangat penting bagi bisnis sampai tidak melakukan riset merupakan keputusan yang tidak tepat. Jadi,  sebuah perusahaan perlu waspada terhadap risiko yang dapat terjadi karena tidak melakukan proses riset, salah satunya citra brand menjadi tidak baik, menghabiskan waktu, sampai kerugian yang akan terjadi secara keseluruhan. 

Jadi, itu adalah penjelasan di atas, cara riset dan manfaat bagi bisnis. Jadi, UX researchh merupakan proses penelitian tentang pengalaman pengguna saat memanfaatkan produk digital, aplikasi, dan website. Maka dari itu, research desain UX sangat penting untuk keberlangsungan bisnis. Desain yang berkualitas akan menciptakan pengalaman yang menarik untuk pengguna, bahkan reputasi bisnis  juga  akan semakin baik.

Back To Top