Apa Itu Word of Mouth Marketing? - maxx99 - Digital Agency
Marketing

Apa Itu Word of Mouth Marketing?

Word Of Mouth

Word of mouth merupakan salah satu dari berbagai strategi marketing yang paling populer. Word of mouth  merupakan sebuah usaha pemasaran dari mulut ke mulut.

Apa Itu Word of Mouth Marketing?

Dikutip dari laman Kayako, word of mouth merupakan sebuah usaha pemasaran yang dilakukan dengan sederhana untuk menyampaikan informasi kepada orang yang dikenal. Biasanya, word of mouth menjadi salah satu strategi pemasaran dengan cara merekomendasikan produk pada orang lain.

Dilansir dari laman resmi Investopedia,merupakan sebuah kondisi saat ketertarikan kepada produk akan terlihat dalam pembicaraan sehari-harinya. Singkatnya, Ketika ada pelanggan yang begitu menyukai sebuah produk, maka pelanggan tersebut akan terus membicarakan produk tersebut pada orang lain.

Baca Juga : 6 Strategi Marketing FOMO yang Efektif bagi Bisnis

Tentu saja, pelanggan tersebut akan selalu memuji produk yang diminatinya dengan tidak langsung, dan mungkin saja pelanggan tersebut akan merekomendasikan produk kepada orang lain untuk membeli produk yang telah digunakan pelanggan tersebut.

Jadi, intinya merupakan salah satu strategi marketing yang bersifat gratis bagi sebuah brand yang dijalankan secara sadar maupun tidak sadar oleh para konsumen setianya.

Keuntungan Strategi Word of Mouth

1. Meningkatkan Kredibilitas

Biasanya, secara otomatis akan terjadi saat ada konsumen yang merasa puas pada  produk dari sebuah brand. Dengan semakin meningkatnya rasa puas konsumen, maka konsumen akan percaya pada produk dari sebuah brand. Bahkan, bisa saja membuat konsumennya untuk merekomendasikan produk kepada orang lain dan nantinya bisa membuat banyak orang yang percaya pada produk dari sebuah brand tersebut.

2. Membangun Brand

Mungkin anda memahami bahwa sebuah brand maupun bisnis yang baru harus membangun brand bisnisnya supaya menjadi lebih mudah diketahui oleh masyarakat secara luas. Selain dipasarkan dengan menggunakan media sosial maupun media lain, strategi marketing ini juga dapat menjadi sebuah strategi marketing yang efektif.

3. Tidak Mengeluarkan Banyak Biaya

Dengan ini perusahaan tidak perlu mengeluarkan banyak biayanya untuk menjalankan kegiatan marketing, tapi supaya word of mouth marketing dapat bekerja secara efektif, tentunya brand harus bisa melakukan usaha lain.

Apabila sebuah brand bisa menggunakan salah satu strategi marketing ini, maka ada kemungkinan besar keuntungan perusahaan akan semakin meningkat dan  brand akan berkembang.

Back To Top