BrandingMarketingSEMSocial Media

Apa Itu YouTube Ads? Ini Jenis-jenisnya

Apa Itu YouTube Ads

Apa Itu YouTube Ads? Ini Jenis-jenisnya – Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah YouTube ads.

YouTube ads merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh YouTube untuk brand dan marketer untuk memasang iklan didalamnya.

Jika anda pernah melihat sebuah iklan di YouTube, maka itulah yang adalah YouTube ads.

Banyak marketer ataupun brand yang menggunakan ini untuk melakukan promosi produk mereka agar diketahui oleh audiens.

Apa Itu YouTube Ads?

YouTube ads merupakan sebuah fitur yang bisa digunakan oleh marketer atau brand untuk memasang iklan dalam platform video tersebut agar bisa menjangkau audiens yang lebih luas.

Saat ini, platform tersebut memiliki jangkauan pengguna yang besar diseluruh dunia.

Dikutip dari HootSuite, YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua didunia setelah Google.

Platform tersebut mempunyai pengguna yang aktif sekitar 1,9 miliar pengguna diseluruh dunia.

Data tersebut semakin mendukung marketer atau brand untuk mempromosikan produk dengan memasang iklan dalam platform ini agar bisa meningkatkan traffic produknya.

BACA JUGA : Memanfaatkan Youtube Ads untuk Mempromosikan Brand

Jenis-Jenisnya

1. TrueView ads

Dikutip dari Hubspot, TrueView ads merupakan jenis iklan video standar yang ada dalam YouTube.

Kemudian, pengiklan hanya akan membayar iklan ini saat pengguna menonton atau melakukan interaksi dengan iklan tersebut.

Selain itu, pengiklan akan membayar apabila pengguna menonton iklan mereka setidaknya sekitar 30 detik atau hingga akhir video.

Bahkan dalam playtform ini, anda bisa memasang iklan sesuai dengan durasi kebijakan yang ada di YouTube.

Iklan ini bisa di-skip harus memiliki durasi sekitar 12 detik-6 menit.

Sementara TrueView ads yang tidak bisa di-skip harus berdurasi hingga 15-20 detik.

2. Preroll ads

Preroll ads merupakan salah satu bentuk iklan YouTube ads yang tayang diawal, tengah, dan akhir video ketika anda sedang melihat video diplatform YouTube.

Jenis iklan ini biasanya tidak dapat di-skip dan memiliki durasi sekitar 15-20 detik. Ketika anda melihat tanda hijau di YouTube, maka itu adalah preroll ads.

Karena jenis iklan ini tidak bisa di-skip, anda harus mengoptimalkannya dengan membuat konten yang mempunyai Call to Action pada pengguna untuk mengambil tindakan pada iklan yang anda buat.

3. Bumper

Bumper mempunyai durasi iklan yang pendek. Karena berdurasi 6 detik saja.

Karena durasinya yang pendek, iklan ini sangat ideal untuk ditujukan pada pengguna yang menggunakan ponsel.

Back To Top