SMART KPI– Adalah salah satu konsep yang sering digunakan untuk menetapkan KPI digital marketing. Menggunakan strategi digital marketing tanpa adanya tujuan yang jelas, adalah kesalahan yang fatal. Karena itu, penting untuk menjalankan strategi digital marketing supaya menentukan target dari setiap tindakan yang dilakukan. Target inilah yang disebut dengan KPI.
KPI dalam Digital Marketing
Adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur keberhasilan strategi marketing baik disaat melakukannya atau nanti disaat pengambilan keputusan untuk strategi marketing berikutnya.
Didunia digital marketing, semua strategi yang akan digunakan tidak boleh lepas dari KPI. Karena, KPI memegang peranan yang sangat penting baik saat perencanaan atau nanti saat akan mengambil keputusan.
Cara Menentukan SMART KPI untuk Strategi Digital Marketing
SMART KPI
1. Specific
Divisi Marketing Katunqo akan membuat kampanye untuk meningkatkan penjualan.
2. Measurable
Kampanye ini bisa diukur melalui data yang disatukan di platform Google Analytics dan Facebook Manager. Data tersebut mencakup performa Ads, cost, trafik dan jumlah purchase di website. Jadi, KPI utama yang bisa diukur adalah:
- Ad Impression, Reach, dan Click
- Click through Rate (CTR)
- Cost per Click (CPC)
- Website Traffic
- Bounch Rate/Engagement Rate
- Conversion Rate
- Customer Acquisition Cost (CAC)
- Return of Ads Spend (ROAS)
- Return of Investment (ROI)
3. Attainable
Kampanye bisa dicapai karena melihat data historis dari kampanye sebelumnya yang sudah berhasil. Selain itu, divisi marketing akan meningkatkan biaya untuk kampanye sampai peluang keberhasilan akan ikut meningkat.
4. Relevant
Strategi dari beberapa KPI yang sudah ditetapkan dalam kampanye ini berhubungan. Karena masih dalam lingkup strategi digital marketing untuk meningkatkan penjualan.
5. Time-based
KPI dari kampanye akan diukur harian, mingguan, dan bulanan secara terus menerus selama 3 bulan, mulai dari Januari hingga maret.
Dengan menggunakan salah satu konsep yaitu SMART, Anda bisa menetapkan KPI dengan lebih jelas dan tertuju. Dengan KPI yang telah tertuju, Anda bisa mengembangkan pertumbuhan bisnis dengan lebih baik dan juga terarah.
Baca Juga : Jenis-jenis Content Digital Marketing yang Perlu Anda Tahu
Pertanyaan nya adalah, “Apakah Anda sudah menetapkan KPI dengan cara yang benar dan terarah?” Teruslah untuk mengevaluasi hasil yang sudah Anda hasilkan, dan pastikan strategi yang di jalankan itu masih sesuai dengan SMART KPI yang sudah ditetapkan sebelumnya.