Brand dan Branding: Perbedaan dan Manfaatnya - maxx99 - Digital Agency
BrandingDigital Marketing

Brand dan Branding: Perbedaan dan Manfaatnya

Brand dan Branding: Perbedaan dan Manfaatnya

Brand dan Branding: Perbedaan dan Manfaatnya – Apakah Anda mengetahui perbedaan brand dan branding?

Brand berbeda dengan merk, brand merupakan sebuah asosiasi yang dibayangkan oleh seseorang saat mereka mendengar nama produk atau nama sebuah  perusahaan.

Sedangkan merek hanya sebatas nama yang digunakan untuk sebuah produk sebagai identitas.

Selain itu, ada juga perbedaan brand dan branding yang mungkin belum Anda  ketahui.

Meski keduanya terdengar sama, tapi keduanya mempunyai fungsinya masing-masing dalam sebuah bisnis.

Brand dan Branding: Perbedaan dan Manfaatnya

Dilansir dari Hug London, brand berkaitan dengan tujuan atau alasan dari adanya sebuah bisnis.

Brand mencerminkan tujuan produk atau jasa dan peran sebuah bisnis.

Brand adalah persepsi konsumen tentang produk, layanan, dan atribut perusahaan yang nantinya akan menjadi reputasi atau image perusahaan dimata pelanggan.

Hal ini melambangkan visi, ide, dan tujuan bisnis yang harus dicapai.

Oleh karena itu, saat Anda memulai bisnis, Anda harus merumuskan tujuan jangka panjang yang akan dicapai untuk membangun brand-image yang baik.

Sedangkan, dikutip dari Train o0f Though, branding adalah tindakan yang dilakukan untuk membangun merk.

Kegiatan pembangunan merk ini melibatkan profil perusahaan, produk dan jasa, menentukan nama, membangun identitas produk, dan menetapkan standarisasi produk.

Tujuan akhir dari branding yaitu mengenalkan identitas visual sebuah merk pada pelanggan.

Dengan demikian, saat seseorang ingin membeli sebuah produk, maka yang terlintas pertama kali yaitu merk perusahaan yang berkaitan.

BACA JUGA : Strategi Emotional Branding yang Efektif bagi Bisnis

Manfaat Keduanya

Terlepas dari adanya perbedaan brand dan branding, kedua hal tersebut mempunyai manfaat yang saling berkaitan.

Brand digunakan untuk menciptakan persepsi masyarakat tentang sebuah perusahaan, karena brand didasari atas tujuan dan standar mutu perusahaan.

Penggunaan brand dapat melambangkan harapan besar dari perusahaan dan pandangan masyarakat tentang brand tersebut.

Sedangkan, branding mempunyai manfaat untuk meningkatkan loyalitas dari pelanggan.

Branding yang baik juga dapat digunakan untuk menetapkan harga jual yang lebih tinggi.

Branding yang menarik dan kreatif juga bisa membuat sebuah brand lebih cepat dikenal dan diterima oleh masyarakat.

Supaya bisa membangun branding yang baik, sebuah perusahaan harus terhubung dengan sosial.

Tidak dapat dipungkiri bahwa sosial media mempunyai peran penting untuk membagikan informasi ke publik.

Branding juga bisa dilakukan melalui website. MAXX99 Digital hadir menghadirkan layanan master SEO yang menguasai Teknik SEO website bisnis.

Tunggu apalagi? Optimasi website bisnis Anda bersama MAXX99 sekarang!

Back To Top