Brand Guideline untuk Membangun Konsistensi Branding - maxx99 - Digital Agency
Branding

Brand Guideline untuk Membangun Konsistensi Branding

Brand Guideline

Brand Guideline – Dalam bisnis, brand guideline disebut sebuah petunjuk untuk menciptakan dan mengidentifikasi brand. Panduan tersebut tentu sangat diperlukan oleh pebisnis, apalagi untuk pebisnis yang baru membangun bisnis atau rebranding. Dalam guideline berisi sebuah aturan dan batasan untuk melakukan branding produk yang dibagi menjadi beberapa bagian.

Elemen pada Brand Guideline

1. Color Palette (Palet Warna)

Palet warna dalam brand biasanya terbagi menjadi dua bagian, yaitu primary brand colors (digunakan dalam logo) dan secondary brand colors (digunakan dalam website, brosur serta exhibition stand). Terdapat kode warna yang dimanfaatkan harus terdiri dari RGB dan CMYK supaya hasil warna print-nya konsisten dengan penampilan warna dalam website.

2. Typography (Tata Huruf)

Dalam tata huruf harus dikumpulkan dengan lengkap. Dimulai dari jenis huruf, size huruf, hingga cara penggunaannya (headline, sub-judul, dan tulisan).

 3. Logo Design (Desain Logo)

Untuk desain logo mencakup hal seperti pemilihan logo, batas ukuran, berbagai macam pilihan warna dan latar belakangnya

4. Imagery (Pencitraan)

Dalam imagery mencakup berbagai hal yang dimanfaatkan untuk memperlihatkan citra suatu brand. Seperti dalam website atau media marketing lain.

Baca Juga : Pentingnya Branding Untuk Meningkatkan Bisnis Online
5. Brand Tone

Pada brand tone mencakup susunan kata yang ditentukan dan digunakan untuk memberikan informasi nilai dan identitas suatu brand.

6. Brand Stationery

Brand stationery biasanya berbentu name card dan blangko surat. Hingga sekarang ini, name card dan blangko surat masih dianggap sebagai fitur untuk mendapatkan kesan pertama yang baik untuk pelanggan.

7. Gaya Social Media 

Bedanya dengan media sosial untuk strategi marketing yang lebih mengarah pada pengelolaan sebuah konten media sosial dengan rinci, petunjuk social media style yaitu mengenai bagaimana suatu brand terkenal dan ada dalam media sosial.

Pentingnya Melakukan Brand Guideline untuk Membangun Konsistensi Branding

Brand guideline sangat penting untuk membangun konsistensi branding. Konsistensi branding merupakan sebuah kunci kesuksesan untuk bisnis. Bisa diartikan bahwa, konsistensi branding adalah menyampaikan informasi dari suatu brand yang terus berjalan dari waktu ke waktu, identitas serta strategi dalam bisnis brand tersebut. Tanpa adanya konsistensi branding, target pelanggan Anda tidak akan mengenal brand Anda, serta manfaat dan informasi dari brand Anda. Jika begitu, maka produk Anda tidak akan terjual di pasar, bahkan anda juga tidak akan mendapatkan keuntungan dari penjualan.

Back To Top