Cara Lengkap Membuat Website di WordPress! - maxx99 - Digital Agency
Digital Marketing

Cara Lengkap Membuat Website di WordPress!

1. Tentukan Jenis Website dan Niche (Topik)

Langkah pertama dan terpenting sebelum membuat situs web dengan WordPress adalah menentkan jenis situs web – bisa berupa blog, situs e-niaga, profil perusahaan, dll.

Saat Anda membuat situs web pribadi, pilih topik tertentu yang menjadi fokus utama. Dengan kata lain, pilih tema (niche) untuk konten yang akan dibuat.

Topik website sangat beragam, mulai dari fotografi, cerita perjalanan (traveling), hingga kuliner. Pilih topik yang benar-benar Anda sukai. Melakukan sesuatu yang sudah menjadi hobi dan kecintaan tentunya tidak akan memberatkan bukan? Apalagi website adalah proyek jangka panjang. Jangan sampai di tengah jalan Anda merasa terbebani.

Setelah menentukan niche yang akan digunakan, pikirkan tujuan utama yang ingin dicapai melalui website. Apakah Anda berencana membuat situs web karena ingin menghasilkan uang secara online? Atau Anda membuat website karena hanya ingin mengisi waktu luang? Apapun tujuan yang Anda pilih, Anda harus konsisten sampai akhir.

Pertimbangkan grup audiens yang akan ditargetkan oleh konten atau situs web Anda. Tanyakan pada diri Anda pertanyaan ini : siapa yang akan mendapatkan manfaat dan solusi setelah membaca tulisan saya? Dengan mengetahui target audiens, Anda dapat lebih mudah menentukan format, gaya, dan nada tulisan.

2. Buat Nama Domain

Langkah kedua yang tidak kalah pentingnya adalah membuat nama domain. Nama domain mewakili merek dan situs web Anda. Karena itu, dalam pembuatannya, Anda harus mempertimbangkannya dengan cermat dan memilihnya dengan cermat.

Menurut Anda apa kesamaan Wikipedia, YouTube, dan Netflix? Ketiga layanan tersebut memiliki nama pendek dan unik yang mudah diingat, diucapkan, dan diketikkan ke dalam kolom browser web. Konsep inilah yang harus selalu Anda ingat saat membuat nama domain. Anda tidak ingin website Anda sepi pengunjung karena namanya sulit diingat dan diketik?

Jika Anda kehabisan ide, gunakan alat khusus untuk membuat nama domain yang tersebar luas di internet.

Setelah menemukan nama yang tepat, periksa ketersediaannya dan segera daftar. Di Hostinger, kami menawarkan banyak domain murah, seperti .xyz, .online, dan .store dengan harga di bawah Rp. 20.000 dan .com seharga Rp. 129.900.

3. Pilih Web Hosting

Untuk membuat situs web dengan WordPress, Anda memerlukan platform hosting web. Sebelum memutuskan layanan web hosting yang akan digunakan, Anda perlu mengetahui dan mempertimbangkan hal-hal berikut:

Apa yang Anda butuhkan – berapa banyak sumber daya yang dibutuhkan situs web, apa dan apa rencana Anda untuk 12 bulan ke depan, dan apakah Anda berniat mengembangkan situs dan mendapatkan lebih banyak lalu lintas.

Waktu aktif tinggi – situs web terus beroperasi 24/7/365 dan tidak sering down. Penting bagi Anda untuk memilih layanan web hosting dengan uptime dan server yang stabil.

Dukungan pelanggan – jika situs web sedang down atau mengalami masalah, Anda dapat meminta bantuan dari tim dukungan pelanggan.

Mudah digunakan – tidak semua pemilik situs web memiliki latar belakang pemrograman. Oleh karena itu, ada baiknya jika layanan hosting memiliki control panel yang mudah digunakan.

Harga bersahabat – situs web adalah proyek jangka panjang. Oleh karena itu, Anda harus menghitung besarnya biaya yang akan dikeluarkan. Jangan buang uang untuk hosting yang tidak dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Jika Anda memilih Hostinger, kelima poin di atas tidak perlu dikhawatirkan. Hostinger sudah dikenal bertahun-tahun sebagai penyedia hosting berkualitas dengan harga bersahabat. Anda juga bisa mendapatkan bantuan pelanggan tidak hanya dari email, tetapi juga live chat. Anda dapat terhubung dengan agen yang tepat dalam waktu kurang dari satu menit.

4. Instal WordPress

Instalasi WordPress dapat dilakukan dengan mudah dan cepat melalui control panel Hostinger. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Setelah masuk ke dasbor Hostinger, klik ikon Auto-Installer.

2. Temukan dan klik ikon WordPress

3. Masukkan informasi penting di bawah ini :

  • URL – domain atau alamat situs web WordPress terdaftar.
  • Bahasa – pilih bahasa utama untuk situs WordPress.
  • Administrator Username – nama pengguna yang digunakan untuk login ke dashboard WordPress.
  • Kata Sandi Administrator – kata sandi yang digunakan untuk masuk ke area admin WordPress.
  • Email administrator – berikan alamat email aktif untuk email notifikasi dan reset kata sandi.
  • Judul Situs Web – judul atau nama situs web Anda.
  • Tagline Situs Web (Website Tagline) – slogan atau deskripsi singkat tentang situs web Anda.

4. Klik tombol instal

5. Pilih tema

Cara membuat website WordPress tidak berhenti pada langkah instalasi. Anda harus memilih tema agar tampilan website lebih menarik dan fungsional.

Apa pun jenis blog atau situs web yang Anda pilih, semuanya membutuhkan tata letak dan tema. Situs e-niaga, misalnya, memerlukan desain web yang lebih kompleks daripada desain blog.

Nah, salah satu kelebihan WordPress adalah memiliki kumpulan tema untuk semua jenis website. Ada theme gratis, ada juga yang berbayar. Zakra, Shapely, dan Flash adalah tiga contoh tema gratis. Sedangkan Uncode, Divi, dan X adalah contoh tema berbayar yang kami rekomendasikan.

Temukan dan pilih tema yang diinginkan di galeri tema WordPress. Jika Anda membutuhkan info tambahan tentang tema atau template gratis, baca artikel ini.

Untuk menginstal tema, buka Dasbor WordPress dan arahkan kursor ke tab Appearance. Pilih Tema dan klik Tambah Baru. Temukan tema WordPress yang diinginkan, lalu arahkan kursor ke bagian tengah tema, dan klik tombol Instal.

6. Instal Plugin

Jika Anda membuat situs web dengan WordPress, Anda juga harus memilih dan menginstal plugin yang diperlukan. WordPress memiliki sejumlah plugin yang mendukung dan meningkatkan fungsionalitas situs, seperti kemampuan untuk menambahkan admin, perlindungan dan keamanan situs web, dan sebagainya.

Berikut adalah beberapa contoh plugin WordPress :

  • WooCommerce – plugin untuk membuat web toko online. Pilihan tepat bagi pebisnis online yang ingin menjual produk atau jasanya di website berbasis WordPress.
  • Yoast SEO – salah satu plugin terbaik untuk Search Engine Optimization (SEO). Tulis dan publikasikan konten yang dioptimalkan oleh mesin pencari.
  • W3 Total Cache – ketika pengunjung membuka website Anda untuk kesekian kalinya, mereka tidak perlu lagi menunggu. Situs web akan dimuat dengan cepat di browser pengunjung.
  • Keyy Two Factor Authentication – plugin ini akan mengamankan dan melindungi situs web Anda dari akses yang tidak sah. Pemberitahuan konfirmasi akan dikirim melalui perangkat sekunder.

Baja juga : https://suakaraya.com/cara-memasang-google-analytic-dengan-lengkap/

Cara menginstal plugin :

  1. Klik pada opsi Plugin yang dapat Anda temukan di dashboard WordPress.
  2. Klik tombol Tambah Baru di bagian atas halaman.
  3. Ketik kata kunci atau nama plugin yang Anda inginkan di bidang pencarian. Setelah itu, klik tombol Install New di sebelah plugin. Jika sebelumnya Anda telah mengunduh plugin, klik Unggah Plugin. Pilih Pilih File untuk menambahkan plugin dari komputer Anda, lalu klik Instal Sekarang.
  4. Untuk mengaktifkan plugin setelah instalasi berhasil, klik Activate Plugin.
Comments

There are no comments yet.

Leave a comment

Back To Top