Cara Memaksimalkan Budget Untuk Content Marketing - maxx99 - Digital Agency
Content Marketing

Cara Memaksimalkan Budget Untuk Content Marketing

Budget Untuk Content Marketing – Konten adalah hal utama yang penting untuk membantu mengembangkan bisnis. Tanpa adanya kualitas konten yang bagus, tentunya strategi digital marketing bisnis Anda akan terhambat. Apalagi dengan konten yang beragam seperti artikel, podcast, video, dan lain sebagainya, konten mempunyai pengaruh besar terhadap brand agar tetap unggul di pasaran.

Setiap perusahaan pasti memiliki salah satu kekuatan yang paling menonjol dalam hal membuat konten. Tergantung pada fokus dan target audiensnya, Anda dapat memastikan artikel, video, dan lainnya dalam bentuk pendek atau Panjang agar kualitas videonya tetap terjaga. Tidak hanya itu, konten juga harus variative dan mengikuti perkembangan yang ada seperti membuat platform digital, sehingga dapat menarik jangkauan audiens yang luas.

Untuk itu, walau kadang investasi pada kegiatan konten marketing ini membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Meskipun dana yang dimiliki terbatas, ada beberapa tips untuk memaksimalkan dana untuk konten marketing. Berikut beberapa diantanya.

1. Selaraskan Kebutuhan Konten dengan Sasaran

Jika pemasaran digital seperti SEO membantu mendorong untuk memaksimalkan konten yang lebih banyak atau berbeda, itu bisa menjadi salah satu masalah. Profesional SEO dan pemasaran digital membutuhkan konten untuk upaya mereka. Jika keduanya memintanya dan itu mengejutkan atau jika mereka menanyakan format dan topik yang tidak ada dalam pemasaran digital atau rencana pemasaran yang lebih luas, itu bukanlah pertanda baik. Ambil langkah mundur dan pastikan bahwa semua konten digital yang di sebarkan memiliki kesamaan satu maksud dengan visi perusahaan Anda.

2. Tentukan objektif dan strategi

Sebelum memulai suatu kegiatan marketing pastinya dibutuh untuk menentukan objektif dan strategi yang jelas terlebih dahulu. Biasanya, terdapat beberapa objektif ketika brand ingin melakukan kegiatan konten marketing yaitu, meningkatkan brand awareness, brand building atau mendorong tingkat konversi.

Baca Juga : Mengenal Marketing Collateral dan Peran Pentingnya Dalam Pemasaran

Kemudian, kita dapat menentukan tujuan dengan cara meriset data terlebih dahulu. Beberapa hal yang perlu kita identifikasi ketika menjalankan strategi content marketing ini antara lain;

  • Apa yang akan kita produksi?
  • Mengapa kita memproduksi itu?
  • Ekspektasi ROI dari konten yang ditayangkan
3. Fokus pada topik-topik penting

Kurang memiliki fokus bisa menyebabkan dana strategi content marketing terbuat sia-sia. Oleh sebab itu, kita perlu membuat konten yang selaras dan juga menarik pada topik yang sedang hangat dibicarakan oleh audiens yang tentunya selaras juga dengan visi perusahaan.

Memang mungkin akan sedikit lebih sulit bagi perusahaan untuk mengidentifikasi topik-topik yang tepat dengan biaya yang sedikit. Namun, ada pula beberapa cara sederhana untuk mengumpulkan ide topik, yakni.

  • Mengikuti influencer di media sosial yang relevan dengan industri brand kita.
  • Gunakan situs-situs Q&A seperti Quora. Cari keyword yang sesuai dan relevan dengan bisnis yang kita kelola.
  • Lihat followers akun media sosial yang dikelola brand untuk mencari ide konten.
Comments

There are no comments yet.

Leave a comment

Back To Top