Cara Membangun Campaign Marketing yang Efektif – Jadi, mengapa Anda harus membangun campaign marketing yang efektif?
Campaign dalam pemasaran bukan suatu hal yang asing. Justru kampanye inisudah identik dengan kegiatan marketing.
Tapi, bagaimana cara membuat campaign marketing dengan tepat? Simak dibawah ini yuk!
Cara Membangun Campaign Marketing yang Efektif
1. Menentukan Tujuan dari Campaign yang Dilakukan
Setiap campaign marketing harus memiliki tujuan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.
Misalnya, Anda ingin meningkatkan jumlah pengikut Instagram menjadi 10.000.
Nah dari tujuan tersebut, maka Anda harus memahami apa saja proses yang harus dilakukan.
2. Menentukan Target Konsumen yang Ingin Dijangkau
Setiap bisnis mempunyai target pelanggannya tersendiri. Semuanya bisa dilihat dari bagaimana produk tersebut dihadirkan dan ditujukan untuk siapa.
Dengan mengetahui target audiens Anda, maka campaign akan menjadi lebih efektif dan relevan.
Beberapa karakteristik dari target pelanggan yaitu umur, jenis kelamin, minat, lokasi, pekerjaan, status ekonomi, dan pendidikan.
Tentukan target audiens bisnis Anda dari awal supaya kampanye pemasaran yang dilakukan berjalan lancar.
BACA JUGA : Pentingnya Branding Campaign bagi Bisnis
3. Membuat Konten Berkualitas
Konten dalam hal ini merupakan poin yang penting.
Mengapa begitu? Alasan utamanya yaitu Anda harus menambahkan informasi yang ingin disampaikan pada target pelanggan dengan baik.
Selain itu, Anda juga harus memasukkan unsur call to action untuk membuat engagement dengan audiens.
Ada beberapa konten yang dapat dibuat, seperti blog, e-mail, poster, dan video.
Apabila Anda menggunakan landing page, Anda bisa memasukkan semua konten tersebut.
Dengan konten yang berkualitas, Anda bisa menarik perhatian target audiens yang lebih banyak.
Jadi, jangan abaikan penggunaan hal ini dalam campaign marketing.
4. Menggunakan Media Publikasi Campaign Marketing yang Tepat
Inilah saatnya Anda untuk melakukan publikasi campaign marketing. Anda bisa menggunakan beberapa sosial media sebagai channel publikasi.
Sosial media yang dapat digunakan seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan Linkedin.
Bahkan, Anda juga bisa menggunakan e-mail dan membuat event sendiri.
Dapat dikatakan bahwa semakin banyak platformyang bisa dimanfaatkan,maka semakin banyak audiens yang didapatkan.
Tapi, harus diingat bahwa dengan menggunakan banyak platform, maka biaya yang perlu dikeluarkan juga akan menjadi lebih besar.
Dari sekian banyaknya media publikasi untuk kampanye pemasaran, sosial media dikatakan sebagai yang paling hemat, terutama bagi bisnis baru.