Cara Membuat Email Marketing yang Efektif
Marketing

Cara Membuat Email Marketing yang Efektif

Cara Membuat Email Marketing

Cara Membuat Email Marketing yang EfektifEmail marketing adalah strategi pemasaran yang bisa digunakan untuk menarik konsumen.

Selain menarik konsumen, email marketing juga bisa meningkatkan return on investment (ROI) yang lebih besar daripada sosial media.

Akan tetapi, tidak semua bisnis bisa membuat email marketing yang efektif. Maka dari itu, dibutuhkan tips email marketing.

Cara Membuat Email Marketing yang Efektif

Pesan Bersifat Personal

Meskipun email marketing yang dibuat ditujukan pada banyak kontak sekaligus, tapi harus harus bersifat personal.

Maksud personal didalamnya bukan berarti harus menyapa konsumen dengan nama saja.

Tidak Harus Promosi

Meski demikian, email marketing yang Anda berikan harus tetap berkaitan dan memberikan value pada konsumen, jika tidak sebaiknya tidak perlu dikirim.

Manfaatkan Header

Header adalah kalimat pertama didalam body email yang Anda kirimkan pada konsumen.

Buat kalimat header yang membuat mereka penasaran. Dengan demikian, konsumen akan tertarik untuk membuka pesan dari Anda.

Membuat Call-to-action yang Menarik

Call-to-action  harus jelas, baik itu untuk mengajak audiens yang menerima email untuk melakukan download, menanggapi penawaran atau melakukan pendaftaran pada sebuah hal yang ditawarkan bisnis Anda.

Gunakan call-to-action yang tidak basa-basi, jelas dan lengkap, supaya konsumen Anda mengetahui apa yang harus dilakukan.

Jangan Spam

Mungkin konsumen akan merasa kesal jika menerima email marketing Anda yang terlalu sering.

Gunakan fitur frequency capping untuk membatasi jumlah pesan yang akan diterima konsumen dalam waktu tertentu.

Anda bisa mengatur jumlah sesuai dengan keinginan supaya tidak mengirimkan email secara berlebihan.

BACA JUGA : Manfaat Menggunakan Email Marketing pada Bisnis

Membuat email yang Singkat

Jangan membuat email yang terkesan meminta perhatian konsumen dalam waktu yang lama.

Meskipun apa yang disampaikan sangat penting dan diperlukan oleh para konsumen Anda, tapi anda harus mengirimkan email Anda secara singkat.

Fokus Pada Kebutuhan Konsumen

Anda harus memastikan email marketing yang dikirimkan sesuai dengan kebutuhan dan apa yang dicari oleh mereka.

Jangan membuat email yang berdasarkan pada keinginan saja. Hal tersebut bertujuan supaya email bisa memberikan value bagi konsumen.

Memilih Platform yang Tepat

Anda tidak dapat menggunakan platform biasa seperti Gmail atau Yahoo untuk mengirimkan email marketing.

Karena, email yang akan dikirimkan memiliki jumlah yang sangat banyak sekaligus.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk menerapkannya dalam bisnis?

Back To Top