Cara Membuat Strategi Penjualan Online yang Efektif - maxx99 - Digital Agency
BisnisDigital Marketing

Cara Membuat Strategi Penjualan Online yang Efektif

Cara Membuat Strategi Penjualan Online yang Efektif

Cara Membuat Strategi Penjualan Online yang Efektif – Berkembangnya teknologi saat ini menjadikan banyak bisnis yang mengalihkan strategi pemasaran mereka.

Para pebisnis mungkin mengetahui strategi pemasaran digital (digital marketing) yang tepat untuk mereka.

Cara Membuat Strategi Pemasaran Online yang Efektif

1. Membangun Persona Konsumen

Membangun persona dilakukan dengan mengumpulkan informasi kualitatif dan kuantitatif tentang pelanggan dengan menggunakan produk yang dijual.

Seperti umur, jenis kelamin, lokasi, pekerjaan dan minat mereka.

2. Mengidentifikasi Tujuan

Sebagai pebisnis, tentu saja sangat penting untuk mempunyai tujuan dalam dalam setiap strategi.

Buatlah tujuan yang terukur tapi mudah untuk dicapai oleh bisnis Anda.

3. Membuat Konten Pemasaran

Konten yang berkualitas bisa meningkatkan penjualan pada toko online Anda.

Seperti mendatangkan traffic yang lebih banyak bagi website Anda, memperkuat kehadiran bisnis Anda dalam social media, dan lain-lain.

4. Menentukan Media Digital Marketing yang Efektif

Melakukan analisis pada platform pemasaran online yang digunakan, dimulai dari email marketing, sosial media, SEO, SEM, Social Media Marketing, Google Adwords, iklan berbayar, dan lain-lain.

5. Mengotomatisasikan Pemasaran

Untuk menerapkan strategi pemasaran, terdapat beberapa platform yang dapat diotomatisasi.

Seperti email marketing, content marketing, lead generation, dan lain-lain.

BACA JUGA : Strategi Pemasaran Yang Bisa Meningkatkan Penjualan

6. Memanfaatkan Mobile-Optimization

Kini, penggunaan smartphone lebih banyak daripada perangkat keras yang lain, seperti komputer.

Jika bisnis online Anda mempunyai website, maka optimasikan website-nya sehingga lebih mudah untuk diakses oleh audiens menggunakan smartphone mereka.

7. Memudahkan Calon Pelanggan Untuk Menghubungi Anda

Anda bisa menggunakan landing page dengan design yang simpel dan hindari membuat kolom yang menanyakan data pelanggan yang tidak berkaitan.

8. Menggunakan Teknologi yang Tepat

Gunakanlah tools yang bisa membantu pemasaran online bisnis Anda.

Seperti tools untuk mengidentifikasi tujuan bisnis, tools untuk melihat asal traffic dalam website Anda, dan lain-lain.

9. Mendefinisikan Pembeda Bisnis Dengan Bisnis Lain

Lakukanlah riset pada bisnis Anda dan mencari tahu keunikannya.

Kemudian jadikan hal tersebut sebagai ciri khas toko Anda dan buatlah pelanggan Anda mengetahuinya melalui konten yang Anda promosikan.

10. Melacak Proses Pemasaran Online

Melacak proses ini bisa membantu anda untuk menemukan kesalahan yang dan melakukan evaluasi dari kesalahan tersebut.

Bahkan Anda juga dapat menemukan peluang baru untuk mengembangkan strategi pemasaran yang sedang dijalankan.

Back To Top