Cara Memilih Key Opinion Leader yang Tepat - maxx99 - Digital Agency
Digital Marketing

Cara Memilih Key Opinion Leader yang Tepat

Key Opinion Leader

Key Opinion Leader – Apakah anda mengetahui strategi marketing KOL? Strategi marketing ini menggunakan orang yang mempunyai ilmu dan kemampuan dalam sebuah sector jadi opininya ditanggapi oleh masyarakat. Tujuan strategi marketing KOL ini bergantung pada brand, dan umunya untuk meningkatkan kesadaran merk dan juga penjualan. 

Strategi ini dimanfaatkan untuk meningkatkan kesadaran merk dan mencakup audiens yang lebih luas. Pemanfaatkan KOL juga bisa meningkatkan kepercayaan pada brand.

Apa Itu Key Opinion Leader?

Key Opinion Leader atau yang biasa disebut KOL adalah seseorang yang status sosialnya populer dan bepengaruh begitu besar, sampai saran serta pendapatnya ditanggapi dengan lebih baik oleh kalangan masyarakat saat mengambil keputusan spesifik. Biasanya, para Key Opinion Leader mempunyai pengalaman dan kemampuan dalam sektor khusus yang sudah terbukti.

Sebelum memilih KOL, terdapat beberapa cara yang bisa dijalankan untuk strategi marketing. 

Inilah beberapa cara memilik Key Opinion Leader (KOL)  supaya brand bisa diketahui oleh masyarakat yaitu:

1. Memahami Target Audience

Hal yang utama untuk menentukan KOL dengan tepat yaitu harus memahami target audience dalam sebuah brand. Direkomendasikan untuk menjalankan riset persona buyer agar target audiens strategi marketing tersebut sukses berdasarkan targetnya.

2. Latar Belakang KOL

 Anda juga harus tahu latar belakang dari para KOL. Karena jika mengetahui hal tersebut bisa meyakinkan audiens apakah  seorang KOL  memiliki kemmapuan dalam bidangnya yang berdasarkan brand. Dengan begitu KOL bisa lebih mudah megenalkan dan memberitahukan pada masyarakat mengenai brand anda.

3. Pengikut

Mengetahui jumlah pengikut dari KOL dalam sosial media bisa membantu untuk mempertimbangkan berapa jumlah orang yang akan tertarik pada brand yang diunggah oleh KOL, tai juga harus hati-hati karena ada juga yang membeli para pengikut palsu untuk meningkatkan pungutannya.

4. Keterlibatan Audiens

Untuk antisipasi pembelian pengikut palsu, anda bisa mengetahuinya dari keterlibatan pelanggan. Pengikut yang banyak tidak akan menjamin untuk mempunyai engagement yang tinggi. Bahkan, ada yang mempunyai pengikut tidak banyak, namun engagementnya tinggi. Penting untuk memperhatikan keterlibatan pelanggan, karena bisa memengaruhi kesuksesan strategi marketing.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Pengunjung dengan Optimasi SEO Marketplace

Jika telah menemukan KOL dengan tepat dan anggaran yang cukup,  maka harus menentukan konten yang nantinya dibuat oleh KOL. Hal yang penting yaitu membuat konten dengan menarik yang di tanggapi para audience. 

Back To Top