Cara Memilih Platform Sosial Media yang Tepat bagi Bisnis
Social Media

Cara Memilih Platform Sosial Media yang Tepat bagi Bisnis

Cara memilih Platform

Cara memilih Platform – Kini, dengan banyaknya platform media sosial yang ada biasanya akan membuat pebisnis bingung untuk menggunakan platform mana yang tepat bagi bisnis. Apabila Anda bingung menggunakan platform media sosial mana yang sesuai bagi bisnis, Inilah caranya:

1. Menentukan Tujuan

Menentukan tujuan bukan hanya akan membantu untuk memilih platform sosial mana yang akan digunakan, jenis konten, target audiens, dan sebagainya.

2. Menggunakan Channel yang Banyak Digunakan Audiens

Jangan lupa untuk menggunakan media social yang digunakan oleh audiens. Cara ini membantu Anda agar terhubung dengan audiens. Jadi, gunakanlah platform yang biasanya digunakan audiens anda.

3. Memilih Jenis Konten yang Akan Dibuat

Terdapat berbagai jenis content marketing yang bisa digunakan untuk melakukan promosi produk. Terdapat beberapa jenis konten akan bekerja dengan baik dalam sosial media tertentu. Anda harus menyesuaikan penggunaan konten sesuai dengan produk, merk, serta target audiens.

4. Menyesuaikan Tujuan, Audiens, Serta Jenis Konten pada Platform yang Tepat

Sesudah menentukan semuanya, maka proses selanjutnya adalah menentukan platform apa yang tepat untuk mengkombinasikan tiga hal tersebut dan membuat strategi konten.

Platform Social Media Yang Banyak Digunakan
1. Facebook

Menggunakan Facebook cukup efektif digunakan apabila tujuan Anda ingin mendatangkan pelanggan. Kelebihan mengggunakan Facebook yaitu bisa menjangkau lebih banyak audiens.

2. Twiter

Platform ini bisa dijadikan pilihan apabila Anda ingin menjangkau pengikut menggunakan konten yang terbaru secara cepat, seperti berita terbaru dan informasi yang penting.

Baca Juga : Ketahui Fungsi Hashtag dalam Sosial Media
3. LinkedIn

LinkedIn bisa dijadikan pilihan media sosial untuk bisnis jenis B2B (bisnis yang berfokus terhadap layanan dan menjual produk perusahaan yang lain). Platform satu ini sangat efektif untuk membuat jenis konten editorial.

4. Instagram

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang paling populer bagi audiens dari kalangan anak muda. Terutama, Instagram adalah media sosial yang berfokus terhadap penggunaan gambar dan video.

5. Youtube

Keuntungan dari penggunaan YouTube yaitu pengguna tidak harus membuat akun untuk menonton konten. Saat ini banyak pebisnis yang memanfaatkan YouTube untuk menerapkan video marketing dan membangun brand awareness.

Itulah beberapa cara untuk memilih platform media sosial yang tepat bagi bisnis. Sebelum menggunakannya,  pastikan media sosial sudah sesuai dengan target audiens, tujuan, dan produk atau layanan yang ditawarkan dari bisnis Anda.

Back To Top