Website

Cara Mempercepat Loading Website dengan Mudah

Mempercepat Loading Website

Mempercepat Loading Website – Loading yang lambat tentu akan membuat pengunjung tidak sabar.Hal tersebut bisa membuat pengunjung meninggalkan website karena menunggu loading yang lambat, tapi jika lambat loading tersebut disebabkan oleh website, maka pemilik website harus bisa mengatasinya. Anda bisa membaca artikel ini untuk mengetahui cara mempercepat loading website.

Cara Mempercepat Loading Website

1. Melakukan Tes Kecepatan Website

Anda dapat menggunakan tools untuk mengetes kecepatan website secara gratis. Beberapa rekomendasi toolsnya seperti Google PageSpeed Insight, Pingdom, Gtmetrix.com, Chrome DevTools, serta webpagetest.

2. Jangan Menggunakan Terlalu Banyak Plugin

Anda harus menggunakan plugin yang dibutuhkan agar tidak mengganggu kinerja website. Hapus plugin yang tidak anda gunakan. Rekomendasi plugin yang bisa anda gunakan: 

  • Plugin SEO. Anda dapat menggunakan All in One SEO, Yoast, dan SEO Framework.
  • Plugin security dasar seperti Wordfence dan Loginizer.
3. Mengoptimasi Ukuran Gambar dalam Konten

Gambar bisa menjadi penyebab lambatnya kecepatan website. Anda dapat menggunakan aplikasi editing secara gratis.  Anda harus menambahkan gambar yang ukurannya tidak lebih dari 1 mb. 

4. Menggunakan Tema yang Ringan

Untuk mempercepat loading website anda bisa menggunakan tema yang tidak mengganggu performa website. Anda dapat memilih opsi populer, mempunyai ulasan baik, dan lebih mudah untuk digunakan.

Baca Juga : Fakta Domain Authority Website, Apa Saja ya?
5. Menggunakan Plugin Caching

Ketika pengguna mengakses alamat website Anda, website akan mendatangkan database konten, selanjutnya akan melakukan generate pada konten, dan baru menyajikan website. Plugin cache ini berfungsi untuk membuat halaman statis dari berbagai informasi yang ada dalam website dan tidak memberatkan kinerja website. 

6. Membersihkan Database Website

Database yang menumpuk bisa mengganggu kecepatan webiste. Salah satu cara untuk mempercepat loading website yaitu menggunakan plugin WP Optimize untuk membersihkan database website. Caranya cukup mudah, unduh WP Optimize, kemudian memilih file yang akan dibersihkan.

7. Membatasi Iklan

Tentunya, iklan dalam website menguntungkan pemilik website, tapi iklan yang terlalu banyak bisa mengganggu pengunjung website Anda. Bukan hanya membuat pengunjung meninggalkan website, tapi juga membuat Page Speed menjadi lambat.

8. Pentingnya Kecepatan Loading Website

Saat mengelola website, Anda harus memperhatikan hal untuk membuat halaman yang bukan hanya user friendly, tapi juga mudah diakses. Terdapat dua alasan mengapa kecepatan loading website penting, diantaranya: kenyamanan pengunjung dan untuk mendapat peringkat pertama google. 

Back To Top