Cara Mengenal Target Audiens Dengan Mudah – Target audiens adalah hal yang penting dalam sebuah bisnis.
Karena tanpa audiens, bisnis anda mungkin akan menjadi hal yang sia-sia.
Setiap bisnis mempunyai target audiens yang berbeda, tergantung dari jenis bisnis apa yang Anda jalankan dan tujuan apa yang ingin dicapai.
Meskipun Anda sudah mengetahui sisi psikologi dari target audiens Anda, seperti jenis kelamin, pekerjaan, umur dan lain-lain.
Selain itu, Anda juga harus tetap mengenal target audiens Anda.
Cara Mengenal Target Audiens Dengan Mudah
Menentang Asumsi Anda
Cara ini merupakan yang paling penting, karena hal ini bisa membantu Anda untuk menentukan target audiens.
Jangan berasumsi apa-apa. Contohnya, katakanlah Anda mempunyai target pasar seorang wanita.
Kenapa? Anda mungkin telah berasumsi atau berpikiran jauh bagaimana cara menyampaikan pesan Anda ke mereka.
Membuat Catatan Persona
Pada dasarnya persona merupakan karakter fiksi yang Anda buat, dimana menurut Anda mereka merupakan target audiens yang dituju.
Anda bisa mencoba melakukan observasi dengan melihat jenis leads yang datang pada bisnis Anda.
Dengan demikian, Anda akan diberi kemudahan untuk membayangkan siapa persona yang tepat bagi bisnis Anda.
Data ini termasuk umur, jenis kelamin, pendidikan, penghasilan dan tingkat kesensitifan mereka pada bisnis yang Anda miliki.
BACA JUGA : Menarik Perhatian Audiens dengan Visual Marketing
Memperhatikan Percakapan Sosial Disekitar
Apabila target audiens Anda adalah pebisnis, maka cobalah untuk bergabung dengan grup atau komunitas yang berkaitan dengan entrepreneur.
Dengan demikian, Anda akan lebih mudah mengetahui apa yang sedang populer dikalangan pebisnis.
Anda bisa memanfaatkan software social media dengan social list yang telah ditargetkan sesuai dengan kebutuhan Anda.
Analisis Kompetitor
Semua pesaing Anda pasti telah melakukan berbagai riset tentang konsumen mereka.
Bahkan mungkin ada yang langsung melakukan tindakan dengan riset yang telah ditemukan.
Apabila mereka menargetkan audiens yang sama, Anda bisa mempelajari bagaimana cara mereka menulis dan beriklan untuk konsumen potensial mereka.
Melakukan Riset Jenis Produk Atau Jasa yang Populer
Anda bisa melihat apa saja produk atau jasa yang pernah digunakan oleh mereka tapi tidak berkaitan dengan bisnis Anda.
Dari sanalah Anda bisa melihat jenis produk atau jasa apa yang disukai oleh calon konsumen Anda.
Selain itu, Anda bisa meniru cara mereka berjualan tapi jangan lupa untuk dimodifikasi.