Cara Menggunakan Google Analytics yang Tepat – Untuk melakukan pemantauan trafik website, mungkin anda sudah tidak asing dengan Google Analytics.
Perangkat ini bukan hanya akan menyajikan laporan kunjungan saja, tapi juga menghadirkan berbagai data berkaitan yang lainnya.
Dimulai dari demografi pengunjung, konten populer, hingga sumber kunjungan.
Agar bisa memaksimalkan penerapannya, anda harus mengetahui beberapa cara menggunakan untuk Google Analytics.
Cara Menggunakan Google Analytics yang Tepat
1. Pasang Google Analytics
Pemasangannya bisa menggunakan akun Google yang biasa anda gunakan untuk mengakses Google yang lain, seperti Gmail, Google Drive, maupun YouTube.
Dengan akun Google Anda, masuk dan daftarlah pada halaman Google Analytics.
Kemudian, anda bisa mengikuti arahan yang diberikan untuk menerapkan perangkat sepenuhnya dalam website yang telah ditentukan.
2. Isi Data Situs Website
Informasi akun yang diberikan bisa membantu perangkat untuk menentukan bagaimana hasil pembacaan kunjungan akan ditranslasi dan ditampilkan pada pengguna.
Selain itu, beberapa informasi dasar yang harus diisi yaitu nama akun, nama website dan link URL-nya.
Kemudian, bidang atau topik yang dianggap paling berkaitan dengan website Anda.
Bahkan, Anda juga bisa memilih time zone pelaporan kunjungan berdasarkan dari daerah tempat Anda berada.
BACA JUGA : Apa Itu Google Analytics?
3. Mendapatkan Kode Pelacakan
Nantinya, kode yang sudah anda dapatkan harus disalin pada setiap halaman website yang ingin Anda ketahui kunjungannya.
Perangkat akan bekerja secara otomatis dalam sebuah sistem dan mulai melakukan pelacakan secara akurat dengan hitungan 24 jam.
4. Cek Metrik Website Secara Langsung
Salah satu cara untuk menggunakan Google Analytics yang jangan sampai dilewatkan yaitu melihat laporan metrik.
Fitur ini dapat diakses dalam menu Realtime kemudian Overview.
Dengan menggunakan fitur tersebut, maka data yang terekam ketika anda membuka perangkat atau aplikasi akan bisa ditunjukan secara langsung.
Selain itu, halaman Overview menampilkan sejumlah data primer yang berkaitan langsung dengan metrik website.
Data yang ditampilkan mencakup jumlah pengguna yang sedang membuka website, perangkat yang digunakan (desktop atau mobile), keyword populer, halaman aktif yang paling tinggi, dan pageview dalam hitungan per detik maupun per menit.
5. Mengatur Target
Setelah memperoleh laporan trafik website dari Google Analytics, bukan berarti langkah penggunaannya telah selesai.
Anda juga bisa memaksimalkan perangkat ini dengan mengatur target maupun tujuan trafik yang ditentukan.