Cara Menggunakan Google Trends Untuk Strategi Konten dan SEO
Digital MarketingSEO

Cara Menggunakan Google Trends Untuk Strategi Konten dan SEO

Cara Menggunakan Google Trends Untuk Strategi Konten

Cara Menggunakan Google Trends – Adalah tools yang berguna untuk merancang strategi konten dan SEO. Karena kamu bisa memahami apa yang tengah dicari audiens jadi kamu bisa membuat konten dengan sesuai dan menyesuaikan traffic ke website.

Mengenal Google Trends 

Google Trends mempunyai fungsi seperti Google. Tools gratis ini membandingkan tren pencarian yang dilakukan pengguna di serch engine Google, Google News, Google Images, Google Shopping dan Youtube di seluruh dunia menampilkannya dengan bentuk grafis.

Cara menggunakan Google Trends secara umum 

  1. Buka  https://trends.google.com/trends/
  2. Di pojok kanan atas, pilih lokasi negara yang diinginkan 
  3. Di halaman pertama kamu bisa melihat artikel terbaru diGoogle. Kamu juga dapat menemukan daftar penelusuran trend terbaru. Ada juga pencarian di Google berdasarkan tahun dibagian bawah. 
  4. Apabila sudah tahu bagaimana tren penelusuran keyword tertentu, lalu masukan keyword  di kolom yang ada dihalaman Google Trends. 
  5. Google Trends akan menampilkan informasi terkait keyword yang dimasukkan disearch engine.
  6. Kamu bisa mengelola hasil dengan mengatur lokasi negara, waktu, kategori dan jenis penelusuran yang diinginkan.

Cara menggunakan Google Trends untuk strategi konten dan SEO

1. Melihat tren pencarian keyword 

  • Ketikan keyword di Google Trends
  • Lihat dan analisa tren pada keyword dengan melihat grafik yang ada.
  • Lihat apakah keyword terus meningkat atau tidak.

2. Menemukan keyword terkait 

  • Cari keyword di Google trends
  • Scroll ke bawah  dan cari related queries
  • Kamu bisa menemukan keyword yang berhubungan dengan keyword yang kamu ketik di kolom pencari.  

3. Mencari topik terkait 

  • Ketik keyword di search engine
  • Scroll kebawah, temukanlah topik terkait
  • Kamu akan menemukan kolom yang mirip dengan keyword terkait. 

4. Mencari kata kunci untuk video Youtube

  • Ketik keyword di pencarian Google Trends 
  • Klik menu drop down web search dan pilih youtube search
  • Kamu bisa langsung melihat bagaimana tren keyword tersebut di pencarian Youtube

5. Mengetahui tren lokal 

  • Ketikan keyword di pencarian Google Trends.
  • Lalu scroll ke bawah untuk melihat minat pencarian menurut sub wilayah.
  • Lalu klik sub wilayah yang ingin dilihat.
  • Dari situ kamu bisa melihat grafik minat pada topik di wilayah yang ingin kamu lihat.

6. Menemukan ide konten baru 

  • Buka Google Trends 
  • Klik gambar garis tiga di pojok kiri atas 
  • Pilih pencarian trending.
  • Fitur ini akan menampilkan data pencarian trending selama 24 jam terakhir. Meskipun keywordnya singkat, tapi kamu mendapatkan ide untuk konten baru. Misalkan di daftar trending tersebut ada istilah kartu pra kerja yang tengah populer. Jadi kamu dapat menggunakan kata itu untuk ide konten baru.  

Selain sebagai kebutuhan untuk strategi konten dan SEO, Google Trends sebenarnya juga bisa di gunakan untuk melaksanakan riset pasar sebelum memulai bisnis. Banyak manfaat yang bisa di peroleh menggunakan Google Trends. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menggunakan tools dari Google untuk memenuhi kebutuhan kamu.

Baca Juga : Trik Menggunakan Google Trends untuk Riset Pasar Bisnis Anda
Back To Top